Skil Pemasaran dan Penjualan: Sebanyak 41 Peserta PMMB Petrokimia Gresik Disebar ke Seluruh Indonesia

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmat Pribadi saat memberi sambutan

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia kembali membuka Program Magang Mahasıswa Bersertifikat (PMMB). PMMB tahun ini dibuka oleh
Direktur Utama Petrakimia Gresik, Rahmad Pribadi dan dihadiri Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Idha Widi Arsanti, di Wisma Kebomas, Rabu (11/3/2020).

PMMB kali ini diikuti oleh 41 peserta dari enam Politeknik, antara lain Politeknik Negeri
Lampung, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta – Magelang,
Polbangtan Malang, Polbangtan Bogor, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Medan.

Rahmad Pribadi mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding
(MoU) antara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementan dengan Direktur Utama Petrokimia Gresik, yang disaksikan langsung oleh Menteri
Pertanian RI, Amran Sulaeman, pada 4 Oktober 2019 lalu di Tangerang.

Baca:  Wow, Limbah Medis Berserakan di Puskesmas Metatu

“Petrokimia Gresik memiliki komitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan calon tenaga kerja yang berkompeten dan bersertifikat. Salah satunya melalui PMMB untuk Polbangtan Kementerian Pertanian dan Politeknik Negeri Lampung,” ujar Rahmad.

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, PMMB periode Maret – Agustus 2020 ini akan fokus padapenyiapan skill pemasaran dan penjualan untuk mengasah insting peserta yang mayoritas berasal dari Jurusan Penyuluh Pertanian Berkelanjulan, sebagai calon-calon pelaku ataupun
pekerja di sektor agroindustri.

“Untuk itu, kami akan langsung menerjukan peserta PMMB ke wilayah pemasaran Petrokimia Gresik di seluruh Indonesia dan akan dibimbing langsung oleh Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP),” ujar Rahmad.

Dalam PMMB ini, seluruh peserta akan menerima work plan yang harus dikerjakan selama menjalani magang di lapangan, diantaranya melakukan penyuluhan terhadap petani, melakukan sosialisasi produk, serta terlibat aktif dalam kegiatan promosi.

Baca:  Tuntutan Karyawan PDAM Magetan Terpenuhi

Dengan bimbingan SPDP, diharapkan peserta dapat memahami langsung tugas dan peran SPDP dalam
menyukseskan target penjualan perusahaan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menunjang program Nawa Cita Presiden dan Sinergi BUMN untuk berkontribusi dalam pengembangan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global,” ujar Rahmad.

Selain PMMB, di saat bersamaan Petrokimia Gresik juga menggelar Program Magang Regular untuk Polbangtan Manokwari, yang diikuti oleh 30 peserta dan akan dilaksanakan
selama 3 (tiga) bulan, yakni April hingga Juni 2020.

Rahmad mengatakan, program ini sejalan dengan program pemerintah dalam peningkatan SDM daerah indonesia wilayah timur. Sebagal perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian berkelanjutan, Petrakimia Gresik memandang pentingnya mengembangkan kernampuan calon tenaga kerja terampil, guna menjamin masa depan agroindustri dan masa depan perusahaan.

Baca:  Angka Kecelakaan Kerja

“Karena itu, Petrokimia Gresik berkomitmen dalam mendukung terciptanya SDM unggul di
bidang agroindustri,” tutup Rahmad. (lan)