Cegah Erosi, Baharkam Polri Tanam 60.000 Rumput Vetiver di Tanggul Sungai Brantas Porong

Reporter : Irwan

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM – Usai melakukan Kunjungan kerja (Kunker) di Pusdik Gasum Porong,dalam rangkaian Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kabaharkam Polri TA 2020,Komjen Pol Agus Andrianto menyempatkan diri untuk bersinergi dengan anggota yang ada di daerah.Selain bersinergi dengan anggota Polri,juga dengan Forkopimka Sidoarjo

Bentuk sinergitas tersebut tertuang dalam giat penanaman pohon akar wangi atau rumput vetiver sebanyak 60 ribu pohon,di tanggul Sungai Porong,Desa Pajarakan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.Kamis (12/03/2020),pagi pukul 08.00 WIB.

“Pagi ini kita bersama-sama tanam sebanyak 60.000 rumput vetiver, sebagai upaya pelestarian lingkungan. Yang mana rumput vetiver ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dan sebagai pencegahan terjadinya longsor di tanggul Sungai Brantas Porong ini,” jelas Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto.

Baca:  Tipu Guru MI, Penyidik Tipikor dan Anggota KPK Gadungan Diringkus Polres Gresik

Kabaharkam Polri juga menambahkan, bahwa kegiatan penanaman rumput vetiver dalam rangkaian Rakernis Baharkam juga sebagai kepedulian Polri terhadap pelestarian lingkungan.

Kegiatan tanam rumput vetiver akar wangi ini, juga merupakan sinergitas Polri dan jajaran TNI, Pemkab Sidoarjo, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dinas Perhubungan, DLHK, Satpol PP, Linmas, Pramuka, ILS, organisasi masyarakat, dan juga pelajar.

Penanaman rumput vetiver di tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, ditandai dengan penanaman bersama oleh Kabaharkam Polri, Pejabat utama dan jajaran Baharkam Polri, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Plt. Bupati Sidoarjo, pejabat utama dan kapolsek jajaran Polres Sidoarjo, serta diikuti anggota dari TNI-Polri juga instansi terkait.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan penanaman rumput vetiver akar wangi ini bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Karena rumput vetiver sangat bermanfaat untuk pencegahan longsor di kawasan tanggul Sungai Brantas Porong.

Baca:  Kapolresta Sidoarjo Pimpin Ops Patuh Semeru 2020