Persiapan Menghadapi UNBK, SMKN 1 Sambeng Lamongan Gelar Seminar Dan Doa Bersama

(Kepala Sekolah SMKN 1 Sambeng Suwito, S.Pd.,M.Pd.Buka Cara Seminar dan Doa Bersama). Foto_Fer

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK tahun pelajaran 2019/2020 rencana dilaksanakan pada 16 – 19 Maret 2020 mendatang. Untuk itu, berbagai persiapan dilakukan salah satunya kegiatan seminar dan doa bersama antara orang tua wali dan peserta didik. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Sambeng tahun pelajaran 2019/2020 dapat berjalan lancar dan sukses, sukses pelaksanaan juga sukses prestasi.

(Suasana Acara Seminar). Foto_Fer

Kegiatan seminar dan doa bersama dilaksanakan pada Jumat Pagi (13/03/2020) dengan susunan acara antara lain, pembukaan, sambutan kepala SMK Negeri 1 Sambeng, pembacaan peraih nilai tertinggi tryout UNBK MKKS Kabupaten Lamongan. Dalam acara inti seminar dan doa bersama ini dilanjutkan sosialisasi dari Permodalan Nasional Madani (PNM) tentang rekrutmen tenaga kerja, doa, hingga acara penutup.

Baca:  Komunitas MAXXIO Macan Wirotaman Bentuk Pengurus

Acara sambutan oleh kepala SMK Negeri 1 Sambeng berisi tentang wejangan kepada peserta didik agar menyiapkan diri dalam menghadapi UNBK yang pelaksanaanya kurang tiga hari lagi, juga memberikan arahan kepada orang tua dan wali murid untuk turut serta membantu menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UNBK agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan antara peserta didik, guru, dan orang tua yang harus saling bekerja sama untuk menyukseskan UNBK tahun ini, karena kemungkinan tahun ini adalah pelaksaan UNBK terakhir.

Diharapkan semua peserta didik dapat lulus 100%. Sehingga tidak ada yang mengulang, karena tahun depan kemungkinan tidak ada UNBK lagi, melainkan diganti dengan Assesment Kompetensi Minimum (AKM).

(Penyerahan Penghargaan Kepada Peserta Didik Oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Sambeng Suwito). Foto_Fer

Acara kedua dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada peserta didik yang mendapat nilai tertinggi setiap mata pelajaran pada kegiatan tryout UNBK yang digelar oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri se-Kabupaten Lamongan.

Baca:  Kasus Tewasnya ABG di Panggul Polisi Tetapkan 9 Tersangka
(Penyerahan Penghargaan Kepada Peserta Didik). Foto_Fer

Nilai tertinggi mata pelajaran Bahasa Indonesia diraih oleh Anggun Vika Taman Nia kelas XII AK, nilai tertinggi mata pelajaran Matematika diraih oleh Risna Septya Wulan Dewi kelas XII AK, dan nilai tertinggi mata pelajaran Bahasa Inggris adalah Sonia Fitri Anisa kelas XII TKJ 1.

Para peraih nilai tertinggi yang mendapatkan nilai tertinggi maju beserta orang tuanya untuk menerima penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan dari MKKS SMK Negeri Kabupaten Lamongan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Sambeng selaku bendahara MKKS SMK Negeri, Suwito, S.Pd.,M.Pd.

(Doa Bersama Peserta Didik, Kepsek dan Segenap Guru SMKN 1 Sambeng). Foto_Fer

Setelah acara penyerahan penghargaan dilanjutkan acara inti yaitu seminar dan doa bersama. Dengan tema “Motivasi dan Do’a Bersama dalam Rangka Menghadapi UNBK Tahun 2020 untuk Membentuk Mental dan Sinergi Menuju Sukses Bersama” Nara sumber didatangkan dari Kota Malang instansi Piranha Smart Center bernama Novianto Arif, C.Pt., CM. NNLP., C.IM. peserta didik dan orang tua wali murid sangat antusias mengikuti seminar dan do’a bersama.

Baca:  Kasau Dapat Kunjungan Kehormatan Dari Dubes Canada.

Acara terakhir ditutup dengan sosialisasi dari Permodalan Nasional Madani (PNM) tentang rekrutmen kerja bagi peserta didik yang akan lulus dari SMK Negeri 1 Sambeng. Narasumber dari PNM bernama Yulkisa Rachmat Akbar, S.Psi.

Dengan adanya sosialisasi diharapkan peserta didik dapat dengan mudah memasuki dunia kerja, karena sejatinya alumni SMK dikatakan sukses jika mereka semua terserap oleh dunia kerja, atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Acara terakhir yaitu doa bersama dilanjutkan sungkem kepada orangtua.

Jurnalis : Omdik/Fer
Kabiro : Ferry Mosses