Wow Harga Cabai di Semarang Tembus Rp. 120 ribu

Siti Pedagang di pasar Johar, Semarang.

KANALINDONESIA.COM, SEMARANG : Lonjakan Harga cabai rawit yang terjadi di bebeerapa daerah masih miris terjadi, khusunya di kota Semarang.

Hari ini (Rabu, 4/1) harga cabai rawit merah di tingkat konsumen mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Kenaikan yang cukup signifikan setelah sehari sebelumnya harga berada di angka Rp 100 ribu per kilogram di tingkat konsumen.

 

“Saya jualnya per ons, satu bungkus. Per bungkus Rp 12 ribu. Harga kulakan Rp 110 ribu satu kilogram,” kata Agus, pedagang sayur keliling di kawasan Tlogosari, Semrang.

Setiap pagi Agus membeli barang dagangannya di Pasar Johar dan Pasar Gang Baru. Meski harga cabai tinggi, menurutu Agus, tak menyurutkan niat pembeli dan permintaanpun tetap tinggi.

“Tetap banyak yang minta cabai rawit seperti biasa. Bagi suka pedas, kalau tidak ada cabai rawit pasti tanya ke saya. Ya saya harus sediakan. Padahal harga daging lebih murah dari rawit,” ujar Agus.

Tingginya warga cabai rawit setan juga diakui Siti, pedagang Pasar johar, hari ini harganya naik menjadi Rp 85.000 per kilogram setelah sebelumnya Rp. 65.000 per kilogram

“Sejak tiga bulan terakhir harga cabai setan mulai naik secara berangsur. Hari ini belum mengalami penurunan,” katanya.

Menurutnya, mahalnya harga cabai ini dipengaruhi oleh sedikitnya pasokan dari tempat asalnya, yaitu Magelang. Selain itu kenaikan harga juga permintaan pembeli.

“Selain harga cabai setan, beberapa cabai juga mengalami kenaikan, yaitu cabe merah besar yang semula seharga Rp 25.000 per kilogram kini menjadi Rp 40.000 per kilogram. Harga cabai lalapan juga naik. Saat ini harganya Rp 70.000 per kilogram,” paparnya.(Sigit)