Adakan Pelatihan, Pemdes Mungli Harapkan Peningkatan Kapasitas Linmas di Masyarakat

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan mengadakan pelatihan. Kegiatan yang langsung dibimbing oleh anggota kepolisian dari Sektor Kalitengah dan anggota TNI dari Koramil Kalitengah tersebut berjalan cukup menarik. Sebanyak 40 orang berseragam Linmas dengan semangat yang tinggi berdiri tegak di arena olahraga Desa Mungli walau panas terik tak dirasakannya.

Kades Mungli, Sutrisno menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif di tengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan Desa Mungli yang aman dan nyaman.

“Menjadikan Mungli yang makmur itu termasuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, maka dari itu Linmas sebagai garda depan pengamanan lingkungan secara kapasitas dan kualitas harus bagus. Linmas merupakan pahlawan sosial, kenapa? Karena kalau lihat unsur materi atau kesejahteraan jauh, tidak sebanding dengan tugasnya,” jelas Sutrisno.

Baca:  Disdag NTB Pantau Pasar, Harga Bapok Masih Stabil

Sutrisno juga mengapresiasi terhadap Linmas yang sudah berdedikasi untuk menjaga keamanan lingkungan, dan berharap para anggota Linmas bisa memaksimalkan kesempatan pelatihan tersebut.

Kasie Trantib Kecamatan Kalitengah, Satolan, memberikan pendapatnya tentang pelatihan peningkatan kapasitas Linmas, yang diselenggarakan Pemerintah Desa Mungli. Satolan menjelaskan bahwa, tugas Linmas saat ini sudah bukan lagi hanya urusan tangkap maling saja, melainkan banyak tugas mulia yang bersifat sosial, bisa dikerjakan oleh Linmas.

”Bukan hanya memastikan keamanan lingkungan saja, namun keindahan lingkungan dan ketertiban lingkungan juga Linmas harus punya andil, misalkan dalam penagihan PBB oleh kolektor, Linmas harus mendampingi, pelaporan IMB jika ada yang bangun rumah, Linmas juga harus aktif, termasuk kebersihan, bahkan untuk kenyamanan lingkungan, Linmas bisa kelola sampah dan menghasilkan pundi-pundi rupiah,”jelasnya.(omdik/Fer)

Baca:  Mahasiswa Pertanian Menilai Positif Kinerja Prasarana dan Sarana Kementan