FKMG Desak Disdik Bangkalan Copot Kasek dan Korwil Penilep Bantuan PIP

Reporter : Yans

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Puluhan maha siswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Maha siswa Geger Kecamatan Geger (FKMG)Kabupaten Bangkalan yang melakukan unjuk rasa di Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan. Mendesak Kepala Disdik Bangkalan, Bambang Mustika, agar mencopot atau memecat belasan oknum Kepala. Sekolah (kasek) dan Kepala Koordinator Wilayah (korwil) Disdik Kecamatan Geger. Yang diduga melakukan kongkalikong terhadap bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa SDN di Kecamatan Geger.

“Kami mendesak Kepala Disdik Bangkalan mencopot atau memecat belasan oknum Kasek SDN dan Kepala Korwil Kecamatan Geger yang menilep bantuan PIP siswa SD,” ucap Korlap aksi, Badrut Tamam, Senin, (16/3/2020).

Menurut penjelasan Tamam, dosa belasan Kasek SDN dan Korwil Disdik Geger cukup banyak. Diantaranya, 5 rekening siswa penerima bantuan PIP hilang tanpa penjelasan dan sengaja melakukan pemalsuan surat kuasa untuk pencairan bantuan PIP. Termasuk tanpa alasan memotong gaji para guru dan fasilitas pendidikan yang belum diperbaiki.

Baca:  ​Unras Mahasiswa Cipayung di DPRD Bangkalan Berakhir Ricuh

“FKMG menuntut Disdik Bangkalan segera mencopot oknum Kasek dan Korwil yang tidak becus itu,” ujar Badrut Tamam seraya memperlihatkan bukti- bukti penyelewengan bantuan PIP yang telah dilakukan oleh oknum Kasek tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdik Bangkalan, Dr.Bambang Mustika, sepakat dengan tuntutan FKMG dan berjanji dalam waktu seminggu ini akan segera membentuk tim. Sambil berkoordinasi dengan BKPSDA Bangkalan dan Inspektorat Bangkalan untuk menyelesaikan kasus dugaan penilepan atau penyelewengan bantuan dana bantuan pendidikan PIP tersebut.

“Saya ingin melakukan perubahan di instansi Disdik Bangkalan. Soal sanksi yang akan diberikan kepada para Kasek dan Korwil Disdik Kecamatan Geger yang diduga menilep bantuan PIP itu. Kita serahkan kepada BKPSDA dan Inspektorat yang akan memutuskan,” pungkas Bambang.

Baca:  Desa Parseh Bangkalan Masih Belum Steril Dari Peredaran Narkoba

Terakhir, Bambang Mustika menanda tangani surat pernyataan yang dibawa pihak FKMG sebagai bukti keseriusan Kepala Disdik Bangkalan menyelesaikan kasus penilepan bantuan PIP tersebut. ( yan).