15 Penderita Kurang Gizi di Seram Barat Dalam Tahapan Pemulihan Kesehatan

SERAM BAGIAN BARAT, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 15 penderita kurang gizi yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kota Piru yang tersebar di desa maupun di dusun saat ini sedang ditangani dan dilakukan pemulihan kesehatan oleh petugas gizi Puskesmas Kota Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

” Ada 15 orang, sesuai dengan data yang dimiliki puskemas kota piru, ada di desa Lumoli, dusun talaga piru, loun, pelita maupun wael yang saat ini sedang di tangani perawat dan petugas gizi baik dari puskesmas sendiri maupun dari pustu serta polindes yang berada di desa masing – masing ” Ungkap Kepala Puskesmas kota Piru Kristian Sohilait saat berbincang bersama Klikwarta,com diruangannya beberapa waktu lalu.

Baca:  Mekanisasi Pertanian Dinilai Bisa Cegah Terjadinya Karhutla

Pihak puskesmas kota piru,dalam hal ini petugas gizi sudah langsung ke lapangan berikan penyuluhan sekaligus para penderita kurang gizi diberikan makanan berupa biskuit diberikan dari pihak dinas kesehatan namun terbatas karena keterbatasan anggaran.

Untuk makanan diberikan semacam kue atau biskuit sebanyak 1 karton ,dan setiap sebulan sekali diberikan biskuit, dan pemberian oleh petugas gizi sekaligus mengawasi para penderita kurang gizi tersebut ” Jelas Kristian.

Untuk pengawasan , kata kristian pengawasan dari pihak puskesmas dilakukan sebulan sekali,dan tugas itu diserahkan kepada petugas di pustu maupun di polindes,jika itu sifatnya emergency maka yang dibutuhkan pihak gizi dari puskesmas untuk diturun tangani secara langsung.

Intinya kita saat ini tetap fokus lakukan pemulihan kesehatan buat 15 penderita kurang gizi, dan saat ini sudah 3 orang yang sudah pulih dan ada peningkatan berat badan. Dan itu akan dilakukan pengawasan secara rutin dari petugas yang ada di pustu maupun polindes terdekat” Sambungnya.

Baca:  Unik, Poster Massa Demonstrans Pelaku Seni Sumenep Bertuliskan "PAAK..!!, INGAT LAGU PERTEMUAN DI ROOM 2"

Lanjutnya, yang kita bisa memfasilitasi penderita kurang gizi ini cuma dengan biskuit itu tapi untuk makanan tambahan yang lain kita punya tidak ada kerena anggaran mau diambil dari mana, makanan tambahan yang harus digunakan untuk memfasilitasi kurang gizi seperti susu , kacang hijau,dan ada beberapa lainnya,”

Kristian juga berharap pihak keluarga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar pemukiman agar lingkungan tetap bersih, sehat agar terhindar dari bibit penyakit dan kesehatan pada penderita terjaga dengan baik.harapnya. @ Suneth