Antisipasi Covid 19, Bentuk Posko GTPP

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Sebagai bentuk antisipasi untuk menghadang laju virus Corona atau Covid 19 di Kabupaten Madiun, membuat Pemkab Madiun bergerak cepat. Sejumlah langkah strategis telah disiapkan. Salah satu membentuk Posko Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid 19.

Demikian disampaikan Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputra dalam Apel Kesiapansiagaan Posko GTPP Covid 19 di Padepokan Madiun Kampung Pesilat, Senin (16/3/2020). “Kampung Pesilat adalah simbul menjaga komitmen kebersamaan dalam menekan penyebaran virus Corona. Bersama pemerintah, TNI, Polri dan segenap potensi masyarakat bahu membahu,” ujarnya

Menurutnya Pemkab Madiun sudah membuat langkah strategi dari sisi medis, adalah menjadi tanggung jawab para unsur medica dibawah pengawasan Dinas Kesehatan. Caranya, mempersiapkan rumah RSUD Caruban dan Dolopo, sedangkan 26 Puskesmas untuk pendeteksi dini.

Baca:  Gembong Prampok di Lamongan Akhirnya Tewas Karena Timah Panas Petugas

Ia juga meminta kepada pihak terkait melakukan sosialisasi yang konkrit agar masyarakat lebih berhati-hati, dan mereka bisa mandiri dalam hal pencegahan virus Corona. Kepada direktur rumah sakit, kepala puskesmas dan para camat belum diperkenankan meninggalkan Kabupaten Madiun.

“Kami berharap tidak gagap menghadapi situasi ini, kepada petugas kesehatan agar menjaga diri. Siapkan mental dan spiritual dengan baik, kepada seluruh potensi jika menemukan gejala awal segera melaporkan. Dampak ekonomi juga terkena, meski begitu seluruh fasilitas kesehatan, SDM hingga anggaran sudah disiapkan,” ujarnya.