Polres Pacitan Amankan 34 Sak Gula Rafinasi dan Gula Jawa Palsu

Reporter" Elsi

Barang bukti diamankan di Polres Pacitan( Foto: Elsi_kanalindonesia.com)

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Polres Pacitan amankan 34 sak gula pasir rafinasi dengan merk DSI dan 3 kilogram gula merah. Penyitaan dilakukan dirumah tersangka RWT yang beralamatkan di Dusun Widoro, Kecamatan Donorojo,Kabupaten Pacitan.

Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa yang membuat gula jawa merah dengan bahan baku gula kristal rafinasi yang dicampur dengan air putih, terigu dan meta atau pengental.

” lantas jajaran Satreskrim menuju Home Industri milik RWT, dan kebetulan pelaku RWT sedang membuat gula jawa dengan bahan campuran rafinasi. Lantas polisi langsung membawa pelaku RWT beserta barang bukti bahan campuran gula jawa, hal itu sangat membahayakan karena ada pengentalnya juga,” kata AKBP Didik Hariyanto, pada Senin (16/3/2020).

Baca:  Sat resnarkoba Polres Pacitan Tangkap Pengedar Pil LL dan Pemakai Sabu-Sabu

Lebih lanjut, dari hasil penyidikan diketahui pelaku RWT melakukan praktik pembuatan sudah selama satu tahun dan dipasarkan di luar kota Pacitan.

“dari hasil produksi gula jawanya kebanyakan dipasarkan di luar kota Pacitan. Seperti di Pasar Wonogiri dan Sukoharjo. Jadi pemasarannya wilayah Jawa Tengah,” ungkap Kapolres.

Sedangkan untuk barang bukti yang disita dari pelaku RWT, polisi telah mengamankan 34 sak gula kristal. Untuk setiap satu sak gula kristal berisi 50 kilogram dan 3 kilogram gula merah dalam kemasan plastik.

Pelaku dijerat Pasal 36 sesuai rumusan Pasal 110 UU RI No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Diancam pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 5 Miliar,” pungkas Kapolres.(Bc)

Baca:  Banjir Bandang Genangi 3 Desa Di Kecamatan Arjosari Pacitan