Satkes Seskoal Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Kepada Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke 58

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona
Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

JAKARTA, KANALINDONESIAA.COM :  Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA. 2020 menerima sosialisasi mengenai Pencegahan Virus Corona dari Satuan Kesehatan (Satkes) Seskoal di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Seskoal, Selasa (17/3/20).

Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K/W) dr. Agnes I., Sp.B(K)V., Sp.KL., M.Kes., menyampaikan, agar para Perwira Mahasiswa dan keluarganya harus mengetahui dan memahami dengan wabah virus Corona ini tidak perlu khawatir yang berlebihan, selanjutnya dapat mengambil langkah-langkah pencegahannya dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, konsumsi makanan bergizi dan jika merasa demam, batuk dan pilek segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca:  Cepat Tanggap Kondisi Wilayah, Serda Nanang Gandeng Warga Perbaiki Jalan Kampung

Selanjutnya sosialisasi tentang Pencegahan Virus Corona disampaikan oleh dr.T. Nancy yang mengatakan bahwa Virus Corona merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi system pernafasan.Pada kasus ini,kebanyakan hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan seperti Flu. NAmun virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernafasan berat seperti Pneumonia Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Ia menjelaskan,  bahwa virus ini dapat menular melalui berbagai cara seperti tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita Covid-19, memegang mata, mulut, atau hidung saat diluar rumah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu yang mungkin telah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita dan kontak jarak dekat dengan penderita misalnya bersentuhan atau berjabat tangan. Pada sosialisasi tersebut,dipraktekan pula 6 langkah mencuci tangan yang benar oleh tim Satkes Seskoal.

Baca:  Belanja Lebaran

Sosialiasi berikutnya diberikan oleh Lettu Laut (K/W) dr. Agatha Dinar mengenai Demam Berdarah Dengue (DBD). Demam berdarah merupakan penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi dan pada umumnya disertai sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang serta nyeri di bagian belakang mata. “Demam berdarah atau degue hemorrhagic fever (DBD) merupakan komplikasi dari demam dengue (dengue fever) yang memburuk. Diakhir sosialisasi, para Perwira Mahasiswa diberikan minuman Multivitamin yang dibagikan, untuk dapat membantu memperkuat sistem imun di dalam tubuh,”urainya.@wn