Petugas Dishub mulai di berikan vaksinasi dosis pertama, Kamis (3/6/2021) di lapangan tenis Setda Kendal.

KENDAL – Sebanyak 52 pegawai Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Kendal menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada Kamis (3/6/2021) di Lapangan Tenis Setda Kendal.

Vaksinasi terhadap pegawai Lapas ini merupakan tindak lanjut adanya klaster penyebaran Covid-19 di dalam Lapas pasca Lebaran kemarin.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 juga diikuti 64 pegawai Dinas Perhubungan yang bertugas di terminal-terminal dan 34 ASN penyintas Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, pasca Lebaran kemarin, di Lapas Kelas IIA Kendal terdapat 222 warga binaan dan pegawai yang positif Covid-19. Sedangkan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal terdapat 13 warga binaan dan pegawai yang positif virus Korona.

“Lapas Terbuka menjadi klaster penyebaran Covid-19, maka seluruh pegawai yang negatif dilakukan vaksinasi untuk mencegah supaya tidak mudah tertular,” kata Feri.

Dijelaskannya, setelah lebih dari sepuluh sejak terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di Lapas, akan dilakukan kembali tes swab. Saat ini pihaknya masih terus memantau kondisi para napi.

“Evaluasi belum dilakukan, karena menunggu sampai sepuluh hari, rencananya tanggal 6 Juni akan dilakukan tes swab lagi,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, pemberian vaksin terhadap pegawai lapas ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Kendal terhadap Lapas untuk mencegah penyebaran virus Korona lebih banyak lagi.

“Peningkatan Covid-19, di Lapas, sehingga kami tetap antisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Salah satu petugas Dishub Salman Selo mengatakan,dirinya mengaku tidak sakit rasanya kayak digigit semut.

“Tidak sakit, ini dosis yang pertama. Semoga dengan divaksin tubuh tambah sehat tidak terpapar virus covid-19,”ungkapnya.(Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here