Polsek Babat Bersama Yayasan Berkas dan RS. Muhammadiyah Babat Edukasi Pengunjung Pasar Cara Cuci Tangan Standar WHO

Kapolsek Babat, Lamongan, Kompol Agus Wibawa memberikan sosialisasi kepada warga yang berada di Pasar Babat tentang cuci tangan berstandar WHO. foto: omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Untuk membantu upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Corona Virus Disease-19 (Covid-19), seluruh Polsek di jajaran Polres Lamongan secara serentak menyosialisasikan cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO, Kamis (19/03/2020).

Polsek Babat merupakan salah sektor kepolisian yang berada dalam wilayah Polres Lamongan juga melakukan kegiatan tersebut. Sasaran yang dituju adalah salah satu pusat kegiatan masyarakat yakni Pasar Babat. Petugas pada kesempatan tersebut mengajak pengunjung agar rajin cuci tangan dan tidak berkerumun.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsesk Babat, Kompol Agus Wibawa tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib dari Pos Polisi Pasar Babat kemudian menyisir pinggiran pasar hingga beberapa pedagang pasar. Dalam pelaksanaannya, Petugas Kepolisian Sektor Babat bekerjasama dengan beberapa tenaga medis dari Rumah Sakit Muhammadiyah Babat (RSMB) dan relawan dari Yayasan Berkas Bersinar Abadi.

Baca:  Pulang Sekolah, Siswa SD di Ponorogo Temukan Ayahnya Tersengat Listrik

Warga pun diminta langsung mempraktikan cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan hand sanitizer atau sabun pembersih tangan. Hal ini dilakukan menyusul adanya surat edaran dari otoritas pemerintah terkait wabah Virus Corona yang semakin meluas.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk membendung penyebaran virus Corona dan sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab moral kami untuk ikut mengedukasi masyarakat agar tidak tertular virus Corona,” kata Kompol Agus Wibawa.

Aipda Purnomo, anggota Polsek Babat memberikan contoh cara cuci tangan berstandar WHO. foto: omdik_kanalindonesia.com

Satu persatu para pengunjung pasar diberikan cairan Hand Sanitazer, kemudian diberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan badan kesehatan dunia WHO. Terdapat 6 langkah gerakan cuci tangan yang benar. Kemudian sebaiknya mencuci tangan dilakukan dengan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir. Namun jika tidak ada air bisa juga membersihkan tangan dengan menggunakan gel yang memiliki kandungan 60 persen alkohol.

Baca:  Bacok Korban Saat Tawuran, Tiga Anggota Gangster Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka

Sementara itu, Sigit, salah satu tenaga medis RSMB menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang namun juga tetap waspada dengan cara menerapkan pola hidup sehat, berolahraga yang teratur, makan makanan yang bergizi dan membatasi diri untuk keluar rumah.

“Semua¬† tidak usah panik. Namun tetap waspada dengan cara menerapkan pola hidup sehat dengan cara berolahraga yang teratur serta makan makanan yang bergizi dan membatasi diri untuk keluar rumah,” kata Sigit.

Petugas tidak hanya memberikan sosialisasi kepada pengunjung Pasar Babat saja tetap juga kepada para pengguna jalan yang melintas di jalan raya Babat-Lamongan tepatnya depan Rumah Sakit Muhammadiyah Babat. (omdik)

Baca:  Geledah Ruang Kerja Bupati, KPK Minta Wabup dan Sekda Jadi Saksi