Baznas Bagikan 10 Ribu Masker ke Tenaga Kesehatan Rumah Sakit di Jakarta

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membagikan 200 box berisi 10 ribu masker kepada tenaga kesehatan rumah sakit di wilayah Jakarta, Kamis (19/3/2020).

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membagikan alat pelindung diri (APD) sebanyak 200 box berisi 10 ribu masker kepada tenaga kesehatan rumah sakit di wilayah Jakarta.

Kegiatan pendistribusian ini dipimpin langsung Kepala Lembaga Program Rumah Sehat Baznas (RSB), dr Reza Ramdhoni bersama tim di dua lokasi yakni di RS Persahabatan sebanyak 100 box, dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 box, Kamis (19/3/2020).

Dalam pernyataan pers nya, dr. Reza Ramdhoni mengatakan kegiatan pendistribusian masker ini sebagai bentuk dukungannya kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Menurutnya, rencana aksi nasional Baznas menghadapi Covid-19, program pencegahan menjadi prioritas utama agar tidak terjadi penularan secara luas di masyarakat. Termasuk tenaga kesehatan dan relawan yang bekerja di garis terdepan dalam menghadapi kasus Covid-19.

“Dibutuhkan dukungan secara moril dan materil untuk tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam menangani Covid-19 ini. RS Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Masker menjadi salah satu alat pelindung penting yang harus dikenakan tenaga kesehatan di sana saat menjalankan tugasnya menangani pasien baik positif maupun suspect Corona,” ujar dr. Reza.

Kepala lembaga program Rumah Sehat Baznas, dr. Reza Ramdhoni bersama tim saat di RS Persahabatan, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Ia menjaskan, status Covid-19 yang kini sudah menjadi pandemi global, saling mendukung sebagai sesama tenaga kesehatan sangat penting dalam kondisi darurat bencana non alam seperti ini. Dan, RSB juga telah melakukan beberapa aksi pencegahan di seluruh jaringan di seluruh Indonesia lewat edukasi dan promosi kesehatan.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan untuk terus mengambil peran membantu apa yang masih menjadi ruang kosong dari pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 ini,” jelas dr. Reza.

“Rencananya Rumah Sehat Baznas akan menjalankan rencana aksi di seluruh jaringan salah satunya yaitu menyediakan akses sarana cuci tangan pakai sabun berupa wastafel portable yang ditempatkan di tempat umum, tempat ibadah dan tempat makan, dengan mengkampanyekan cuci tangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Baznas M. Arifin Purwakananta berharap langkah Baznas dalam membantu pendistribusian masker untuk tenaga kesehatan bisa menjadi inspirasi lembaga zakat lainnya untuk turut memberikan dukungan kepada pejuang kesehatan dengan peralatan perlindungan diri yang lebih memadai.

“Semoga gerakan zakat ini bisa menjadi bagian elemen penting dalam perjuangan melawan wabah Covid-19. Mari saling bekerjasama dan mendukung kebutuhan mereka yang berjuang, agar keadaan bisa normal kembali,” tutur Arifin. @Rudi