Cegah Virus Covid 19, Bupati SBB Himbau Masyarakat Tak Panik dan Jaga Kesehatan

Reporter: Suneth

Bupati SBB bersama Forkopimda SBB berada di penyeberangan Fery ASDP Waipirit (foto: Suneth_kanalindonesia.com)

SERAM BAGIAN BARAT, KANALINDONESIA,COM: Dalam rangka pencegahan Virus Covid – 19 (Corona ), Pemda SBB bersama Kapolres, Kejaksaan, Pengadilan Daratan Hunipopu melakukan peninjauan ke pelabuhan penyebrangan Fery ASDP Waipirit kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat.

Peninjauan bertujuan untuk mengecek dan melihat secara dekat persiapan tim serta cara penanganan pencegahan virus covid – 19 dipintu masuk pelabuhan fery Waipirit yang mana merupakan pintu masuk Kabupaten Seram Bagian Barat.

Selain melihat persiapan, Bupati SBB Moh Yasin Payapo bersama forkompimda melakukan infeksi langsung, dan melihat kegiatan penyemprotan Desinfectan pada semua sisi kapal fery yang merupakan tempat umum yang dilakukan oleh petugas dinas Kesehatan kabupaten SBB, hal ini untuk mencegah dan antisipasi penyebaran wabahnya virus Covid – 19 ( Corona ) yang didatangkan dari luar ke wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Bupati SBB Moh Yasin Payapo dalam himbauannya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Seram Bagian Barat yang dicintainya.

Baca:  Genjot Pembangunan KEK Mandalika, ITDC Gelar Rakornis

Disampaikannya. Wabah COVID 19 makin meluas patuh kita waspadai namun musibah ini jangan membuat kita panik, tetaplah tenang sambil melakukan aktivitas seperti biasa, yang patut di ingat, mulai sekarang jagalah kebersihan diri dan rumah masing-masing selalu mencuci tangan dengan sabun bersihkan rumah agar tidak terkontaminasi virus COVID 19.

Tetaplah tenang di rumah jangan berkeliaran di tempat keramaian dan selalu berdoa meminta perlindungan Allah SWT agat kita semua dapat terhindar dari wabah ini.” Imbuh Payapo.

Ketua penanggung jawab Tim Pencegahan Virus Covid – 19 Hi .Mansur Tuharea dikatakannya Pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat telah melakukan pencegahan virus corona serta sudah dilakukannya sosialisasi ke sekolah – sekolah lewat puskesmas terdekat dengan bagaimana cara mempraktek kepada masyarakat seperti mencuci tangan dengan baik, dan cara gunakan masker yang baik pula,

Baca:  Wakapolda Jatim Dampingi Gubernur Pimpin Apel Darurat Bencana di Makodam V Brawijaya

Dan hari ini, Pemda lewat petugas dinas Kesehatan SBB telah melakukan langka penyemprotan ditempat umum dan keramaian yang mudah tertular seperti di pelabuhan ASDP, yang mana satunya yang telah kita lakukan hari lakukan penyemprotan didalam Kapal fery penyebrangan Waipiri – Liang Kabupaten Maluku Tengah.” Ungkap Tuharea.

Selain itu kata Tuharea, kami juga sedang melakukan penjagaan untuk mencegah orang luar yang masuk SBB sebelum melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah positif terkena virus corona atau tidak. Dengan itu pemda SBB sudah siapkan posko kesehatan pencegah virus Covid 19 di pelabuhan penyebrangan Waipirit yang merupakan pintu masuk ke Seram Bagian Barat,

Jadi untuk setiap penumpang yang akan melakukan perjalanan ke desa-desa di SBB akan melalui tahap pemeriksaan untuk sekedar antisipasi. seperti mereka yang melakukan perjalanan ke desa di kecamatan Taniwel, Kairatu,Kairatu Barat, Elpaputih dan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten SBB.” beber Tuharea.

Baca:  Satlantas Polres Muna Mulai Besok Layani SIM Keliling di Mubar

Lanjut Tuharea, menjelaskan sejauh ini sudah ada pasien yang di curigai dan untuk sementara pasien kami sudah isolasi dan tetap dalam pengawasan tim tenaga kesehatan RSU Piru, dan setelah kami melakukan pemeriksaan lebih lanjut pasien hanya sakit biasa dan sudah kami kembalikan ke rumahnya.

Sebagai penanggung jawab, Tuharea juga menaruh harapan kepada masyarakat kabupaten Seram Bagian Barat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan Tuharea juga berharap pihak – pihak terkait agar bersinerga untuk terus melakukan sosialisasi pencegahan Virus Corona baik di tempat keramaian maupun di sekolah – sekolah yang ada di Kabupaten SBB ” Harap Tuharea.@ Suneth.