Himbauan Plt Walikota Blitar Tak Digubris, 30 ASN Disparbud Nekat ke Bandung

Sejumlah ASN Disparbud Kota Blitar saat tiba di stasiun Blitar, Jumat (20/32020). Foto/KI/Me.

BLITAR, KANALINDONESIA.COM: Puluhan orang rombongan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar akhirnya tiba kembali di Kota Blitar. Mereka baru saja melalukan studi banding ke Bandung Jawa Barat 16-20 Maret 2020, di tengah mewabahnya virus Corona (Covid – 19).

Padahal sebelumnya, Plt Walikota Blitar Santoso telah memberi imbauan agar menunda kegiatan tersebut. Dengan alasan, saat ini semua daerah sedang berupaya maksimal mencegah penyebaran wabah Virus Corona.
Rombongan tiba di Stasiun Blitar sekitar pukul 10.00 WIB. Setibanya di Kota Blitar mereka tidak diperbolehkan langsung pulang namun harus menjalani pemeriksaan oleh petugas Dinas Kesehatan di Aula Kantor Disparbud.

“Kita sudah perintahkan Dinkes untuk memantau secara langsung kesehatan mereka. Langsung dicek apakah ada indikasi jadi ODP atau bahkan sudah PDP,” ungkap Plt Walikota Blitar Santoso.

Baca:  Kejari Kota Blitar Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Minuman Keras

Santoso menegaskan, para ASN ini harus patuh dengan standar antisipasi virus Corona. Karena Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sudah terpapar virus Corona.

“Kami berlakukan sesuai standar. Mereka harus patuh, untuk menjaga yang lain,” tegas Santoso.

Terpisah Kepala Diparbud, Tri Iman ketika dikonfirmasi mengatakan rombongan sudah diberitahu, jika sampai di Kota Blitar akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan. Kondisi rombongan, lanjut Tri Iman dalam keadaan sehat saat perjalanan kembali ke Kota Blitar. Mereka tidak ada yang mengalami gejala terpapar virus Corona sepeeti demam, batuk atau sesak nafas.

“Kegiatan kami banyak di Bandung pinggiran, bukan di daerah kota. Dan teman-teman sudah bisa memahami, ketika sampai di Blitar akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Tri Iman.

Baca:  Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Blitar

Informasi yang dihimpun, rombongan berjumlah sekitar 30 orang. Terdiri dari pegawai Disparbud bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Blitar.(me)