Dua Napi Teroris Kelas I Porong, Nyatakan Ikrar Setia Kepada NKRI

Reporter: Irwan

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Dua Nara Pidana teroris menyatakan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indoanesia, Napi Teroris tersebut adalah Anton Labbase Alias Anton Alias Abu Iyadh Alias Papa Iyadh Bin H.Labbase asal Desa Mandiri Kecamatan Tomini Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan.

Anton di tangkap oleh Tim Densus 88 Anti teror pada 13/8/2018, dalam kasus penguasaan keterlibatan senjata api Tanpa hak.

Selanjutnya Napi yang kedua adalah Kasim khow alias Cimot alias TT khow Bin Nyon Teko warga Komplek Samping Lapangan Sepak bola Desa Wailiku Kecamatan Baru Selatan Maluku.

Kasim Khow dibekuk Tim Detasemen 88 pada tanggal (11/08/2018) atas kasus keterlibatan kepemilikan peluru. Pihaknya ditahan di Lapas Narkotika kelas II A Gunung Sindur dan dipindahkan ke Porong pada 11/3/2020.

Baca:  Tim Cobra Polres Lumajang Tangkap Pencuri Sapi

Keduanya sama-sama di jatuhi hukuman 3 tahun 6 bulan penjara dengan pasal yang sama yakni pasal 15 UU .15/2003 tentang terorisme.

Saat mengucapkan prosesi ikrar setia pada NKRI berlangsung, di hadapan Kalapas Kelas I Porong Tonny Nainggolan Pejabat Utama Lapas, Kapolsek Porong Kompol Sarwo, keduanya berdiri tegak di hadapan hadirin yang hadir sambil dipandu Kalapas untuk mengucapkan sumpah tersebut, Sabtu( 21/3/2020)

Dalam sambutanya, Kalapas mengatakan,”hanya dalam waktu dua minggu warga binaan kita, berinisiatif untuk mengucapkan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Biasanya lama, hingga harus menunggu bertahun-tahun, apalagi ini tahanan teroris biasanya masih melekat pada komunitasnya,”ujar Tonny.

Tonny menambahkan,”ini adalah momen yang luar biasa, tidak ada paksaan dari unsur manapun dan bersumber dari hati nuraninya sendiri, niat baik ini kita terima. Berikrarnya dua warga binaan tersebut, ke depan kita akan laksanakan asesmen baik pada warga binaan juga pada instansi terkait sehingga negara akan lebih memperhatikan kesejahteraanya mulai dari remisi atau yang lain,”paparnya.

Baca:  Komitmen Bersama, Polresta Sidoarjo Mengajak Semua Elemen Masyarakat untuk Bersabar Hingga Real Count Usai

Menurut Tonny, kedua warga binaanya ini tidak hanya berikrar saja, namun menurut pengawasan kami, mereka sudah mengimplementasikanya sesuai apa yang jadi kehendaknya,”tutupnya.

Perlu di ketahui, ucapan Ikrar setia pada negara Kesatuan Republik Indonesia ini Bertempat di Lapas Kelas I Porong Desa Kebon Agung, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.(Irwan)