Kerahkan Perangkat Desanya, Pemdes Mungli Lakukan Penyemprotan Desinfektan Sasar Area Publik

Perangkat Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan menjadi petugas penyemprot desinfektan ke beberapa tempat umum dan rumah warga secara langsung. foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Merebaknya penyebaran virus Corona dibeberapa tempat, Pemerintah Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan mengambil langkah awal dengan melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa tempat publik dan rumah warga. Sebagai bukti keseriusan perhatian pemerintah desa terhadap pencegahan wabah virus Corona ini, aparat Pemerintah Desa Mungli melakukan penyemprotan sendiri ke tempat-tempat tersebut, Sabtu (21/03/2020).

Penyemprotan di awali dari kantor dan balai desa setempat, kemudian dilanjutkan menuju tempat ibadah, gedung sekolah dan beberapa fasilitas umum lainnya dan juga seluruh rumah warga Desa Mungli.

Kepala Desa Mungli, Sutrisno, S.P, mengatakan bahwa penyemprotan desinfektan ini gunanya untuk memutus mata rantai virus Corona.

“Jadi kita melakukannya pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, ruang terbuka hijau, polindes, balai desa, dan juga semua rumah warga tanpa terkecuali,” kata Sutrisno disela-sela kegiatan penyemprotan.

Baca:  Usai Transaksi Narkoba, Pengedar Pil Koplo Dicokok Polisi

Sutrisno juga mengharapkan ada rasa kesadaran yang timbul dari masyarakat untuk melakukan penyemprotan di masing-masing rumah secara mandiri. Kegiatan ini kita lakukan secara continue dan maksimal sampai status siaga darurat belum dicabut.

Selain itu, sambung Sutrisno, diharap kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai imbauan dari pemerintah, tidak berkunjung ke tempat-tempat keramaian maupun berkumpul dengan jumlah masa yang banyak serta kurangi bersentuhan dengan warga lainnya.

“Tidak hanya dilakukan penyemprotan disinfektan tapi nantinya kita taruh hand sanitizer di tempat-tempat fasum dan tempat-tempat pelayanan masyarakat, yang kita ajari untuk hidup sehat dan cuci tangan dengan benar agar semua warga mungli terhindar dari Covid-19”, imbuhnya.

Baca:  GP. Ansor Ranting Sumberwudi Ikut Semprotkan Desinfektan ke Rumah Warga
Tempat ibadah menjadi salah satu tempat yang mendapatkan penyemprotan desinfektan. foto:omdik_kanalindonesia.com

Pada kesempatan yang sama, Kasi Kesra Desa Mungli, Mohammad Nasir, S.IP menambahkan, tempat ibadah adalah target utama dalam kegiatan penyemprotan ini, hal ini dilakukan agar masyarakat tidak punya rasa ketakutan untuk tetap melaksanakan ibadah di tempat-tempat ibadah.

“Jangan sampai ada rasa ketakutan di luar nalar sehingga harus menjauhi tempat-tempat ibadah. Oleh karena itu penyemprotan disinfektan itu kita lakasanakan”, tandasnya.

Seperti yang sudah santer diberitakan sebelumnya bahwa virus yang pertama kali menginveksi orang tersebut terjadi di Wuhan, China pada pertengan Desember 2019. Seiring waktu virus yang sempat disebut dengan n-Cov19 ini menginfeksi semakin banyak orang tidak hanya di China saja, tetapi juga di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Baca:  Kasus MeMiles Tahap II, Direktur PT Kam And Kam Diserahkan ke Kejaksaan

Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah COVID-19 sebagai pandemi. Pandemi merupakan wabah penyakit yang terjadi pada geografis yang luas atau menyebar secara global. (omdik)