Hujan Deras Akibatkan Ambrolnya Plengsengan dan Bronjong Dam Sembung di Desa Munggu Ponorogo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Hujan deras sepanjang malam yang mengguyur wilayah Bungkal, Ponorogo mengakibatkan ambrolnya plengsengan sepanjang kurang lebih 30 meter tinggi 50 meter, bronjong pengaman sepanjang 10 meter dan badan jalan retak sepanjang 25 meter dan plengseng Dam Sembung ambrol sepanjang 8 meter, yang kesemuanya berada di Desa Munggu, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Jatim, Senin(23/03/2020)

“Lokasi kejadian longsor di Dusun Sumberjo, Desa Munggu plengseng ambrol sepanjang kurang lebih 30 meter tinggi 50 meter dan dua tiang listrik roboh menutup jalan antar dukuh di Desa Munggu Kecamatan Bungkal kermat kurang lebih Rp60 juta,” kata Bripka Iswahyudi.

Selain itu bronjong pengaman jalan ambrol sepanjang 10 meter dan badan jalan yang retak sepanjang 25 meter, lokasi lingkungam pemukiman Galih Dukuh Munung Desa Munggu dengan kerugian diperkirakan kurang lebih Rp200 juta.

Baca:  Pemkab Trenggalek Ambil Langkah Cepat Minimalisir Dampak Kebakaran Pasar Pon

Kemudian plengseng Dam Sembung yang berada di Dusun Munung, Desa Munggu, Kecamatan Bungkal  ambrol sepanjang 8 meter menimbulkan kerugian kurang lebih Rp50 juta.

Dikatakan Bripka Iswahyudi, bencana alam tersebut bermula dari hujan dengan intensitas tinggi, pada Minggu malam hingga Senin dini hari.

“Kejadian bencana alam di tiga titik lokasi tersebut terjadi pada tengah malam (Senin dini hari),” ujarnya.

Dampak dari bencana tersebut, dua tiang listrik jaringan/tegangan tinggi roboh, satu menutup jalan dan satu roboh ke ladang warga.

Robohnya tiang listrik tersebut mengakibatkan warga dari 4 RT tidak berani melintas dan roda 4 belum bisa melintas

“Plengsengan yang baru dibangun 2019 akhir ambrol , dengan ambrolnya bronjong batu akan mengancam badan jalan antar dusun karena terus tergerus aliran sungai. Dan juga mengancam pemukiman warga. Untuk sayap dam sembung akan mengancam persawahan warga,” pungkasnya.

Baca:  PPK Karanggeneng Gelar Rapat Pleno Terbuka DPSHP