Tak hanya teknologi yang di jual Apple

ilistrasi

KANALINDONESIA, EKSBIS : Semua orang telah mengetahui jika produk keluaran apple pasti dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Itu adalah strategi marketing yang memang dibuat oleh pihak Apple, itulah alasan kenapa mereka selalu mengeluarkan produk dengan harga mahal. Justru jika mereka mengeluarkan produk murah maka brand mereka akan hancur.

Selain Teknologi, Inilah yang Di Jual Oleh Apple

  1. Apple Menjual Kelas Sosial

Ketika orang membeli produk apple maka tak hanya mendapatkan sebuah teknologi, akan tetapi mendapatkan kelas sosial. Kelas sosial disini adalah kelas elit yang berduit sehingga mampu membeli produk apple, baik perangkat ponsel maupun perangkat PC.

Apa yang kita pikirkan sebuah kata untuk produk apple selain canggih? Kebanyakan pasti terpikirkannya adalah kata ‘MAHAL’. Jika kita juga memikirkan kata tersebut berarti memang apple menargetkan branding untuk dirinya adalah “mahal”. Seseorang yang mampu membeli produk mahal berarti orang tersebut berduit. Orang berduit adalah kelas orang kaya. Orang kaya adalah kelas elite. Itulah kelas sosial yang didapatkan jika membeli produk apple.

Apple tak hanya memainkan market sebuah kecanggihan teknologi melainkan memainkan sebuah gengsi para pembelinya. Padahal semahal apapun sebuah perangkat ponsel, inti pemakaiannya adalah telfon dan berkirim pesan. Hal ini juga menjadi alasan kenapa orang mau membeli ponsel berbalut emas dengan harga ratusan juta, yaps… jawabanya adalah agar kelasnya naik. Bukan masalah kegunaan perangkatnya tetapi kelasnya.

Produk lain yang menggunakan sistem market seperti ini bisa jadi adalah mobil lamborghini, betapapun kecepatan mobil itu pasti digunakannya adalah maksimal sekitar 300 km/jam. Namun mempunyai mobil lamborghni berarti berada di kelas sosial elite.

  1. Apple Menjual Gengsi

Gengsi adalah sesuatu yang didapatkan jika memiliki perangkat apple. Setiap orang pasti tak mau dirinya di pandang remeh sama orang lain. Apple memainkan sisi naluri kemanusiaan para pembelinya, naluri yang menginginkan selalu tampil bergengsi dalam kesehariannya. Ketika kita menggunakan ponsel dan laptop apple dalam keseharian berarti kita berada di gengsi kelas atas.

  1. Apple Menjual Eksklusifitas

Selanjutnya, apple memberikan proteksi penuh untuk setiap produknya hanya dikeluarkan oleh pabriknya sendiri. Ini adalah cara agar apple memiliki sisi ekslusif. Branding ini membuat apple tak berkesan murahan.

Coba kita sebutkan OS perangkat laptop adalah macintosh maka orang lain akan tau bahwa sobat menggunakan laptop apple, tanpa perlu harus menunjukan nama permuat laptop sobat. Hal ini berbeda dengan windows yang bisa digunakan oleh banyak pabrikan pembuat laptop.

Sesuatu yang bersifat eksklusif memiliki nilai yang lebih dari pada yang diobral. Seperti membeli baju di butik, pasti harganya lebih mahal dari membeli do toko baju bisa.

Itulah tiga hal yang dijual oleh apple selain mereka menjual sebuah kecanggihan perangkat. Mereka memainkan segmentasi kelas sosial yang jelas, sehingga pengguna perangkat mereka akan masuk di jajalan kelas high end. Jika suatu saat apple mengeluarkan perangkat dengan harga murah maka brand produknya akan hancur.