Perangi COVID-19, Kades Sumengko Gresik Sterilisasi Pendopo, Balai Desa dan Lingkungan

Reporter: Irwan

Foto: Irwan_Kanalindonesia.com

GRESIK, KANALINDINESIA.COM: Dengan acuan keluhan dari beberapa warganya,Kepala Desa Sumengko Bambang realisasikan upaya penyemprotan disinfektan di pendopo Balai Desa Sumengko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik,setelah Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan Gresik darurat COVID – 19.Pada senin (23/03/2020) lalu.

Beredar kuatnya esensi berita terkait meningkatnya Kabupaten Gresik berstatus darurat Corona, melalui beberapa media online dan cetak,membuat warga Desa Sumengko menjadi Kawatir akan masuknya Covid Di Desanya.

Pada hari Rabu,( 25/03/2020 ) siang,bertempat di Pendopo Balai Desa setempat,Kades bersama Puluhan Warganya,bersama-sama berupaya membahas antisipasi pencegahan virus yang mematikan tersebut.

Dari data yang di peroleh KANALINDONESIA.COM,di Desa Sumengko ada sekitar 23 Rukun Tetangga ( RT ) dan 7 Rukun Warga ( RW ).Dalam forum di bahas teknis terkait implementasi penyemprotan disinfektan dan material disinfektan yang di butuhkan.

Baca:  Wow, Anggaran Perbaikan Jalan Harun Tohir Raib

Dari hasil keputusan musyawarah Desa,tercetus , untuk disinfektanya di butuhkan sekitar 2900 liter untuk bisa menopang penyemprotan secara keseluruhan.Untuk teknis penyemprotanya di kantor Pendopo Balai Desa di lakukan oleh jajaran perangkat desa dan anggota BPD,sedangkan untuk penyemprotan di lingkungan di distribusikan melalui ketua RT masing-masing.

Di Pendopo Balai Desa Sumengko,sambil ngopi, Kades Bambang mengatakan,”momen penyemprotan disinfektan ini adalah keluhan dari warga,kita sebagai pejabat administratif hanya memfasilitasi saja,kalau pun warga belum punya uneg-uneg untuk pencegahan COVID ini,dalam jarak dekat, kami sudah pikirkan dan akan segera merealisasikan pencegahan COVID ,sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,”paparnya.

Di singgung soal anggaran untuk pengadaan material disinfektan tersebut,Bambang mengatakan,”untuk dana sementara kita cover dari dana pribadi dulu,entah nanti di masukan ke anggaran Dana Desa atau ke yang lain,kalau pun belum ada pos alokasi anggaranya,saya ikhlas,”ujar Bambang.

Baca:  Buronan Terpidana Zulhaeri Harahap Dieksekusi Tim Tabur Kejari Tanjung Perak

Ini adalah langkah Pemerintah Desa Sumengko berupaya untuk mengkondusifkan warga supaya tidak terjadi kepanikan dan terbebas dari rasa kawatir dan takut dari COVID – 19 yang terjadi.(Irwan)