Aksi Nyata Di Jumat Berkah, Yonif Raider 323/BP Kostrad Bagikan Makanan Dan Minuman Bagi Tim Medis RSUD Banjar

anggota Yonif Raider 323 BP Kostrad bagikan Makanan kepada Tim Medis RSUD Banjar
anggota Yonif Raider 323 BP Kostrad bagikan Makanan kepada Tim Medis RSUD Banjar

BANJAR, KANALINDONESIA.COM : Dalam rangka membantu penanganan COVID- 19 di kota Banjar, Batalyon Infanteri Raider 323/ Buaya Putih melaksanakan aksi nyata dengan memberikan bantuan berupa makanan dan minuman yang dibagikan sejumlah 100 kepada Tim Kesehatan dan Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Banjar, Jum`at (27/3/20).

Kegiatan ini kali ini mengusung tema “Jumat Berkah”, sebanyak 5 personil TNI dipimpin Letda Inf Dedy yang menjabat Komandan Pleton di Yonif Raider 323/BP, dengan penuh keikhlasan membagikan beberapa makanan dan minuman kepada Tim Kesehatan dan juga tenaga Medis yang bertugas.

“Komandan Batalyon Mayor Inf Afriandi Bayu Laksono, S. Sos , M.I.Pol yang saat ini sedang melaksanakan Tugas di Papua memerintahkan kepada kami untuk kegiatan jumat berkah yang diadakan di Rumah Sakit Umum Daerah Banjar . Untuk menindaklanjuti perintah tersebut kami langsung melaksanakan aksi yaitu dengan membagikan sejumlah makanan dan minuman kepada Tim Kesehatan dan tenaga Medis di RSUD Banjar. Di dalam kegiatan Jumat Berkah ini merupakan kegiatan sosial yang rutin dilakukan setiap minggunya di hari jumat untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya,”kata Letda Inf Dedy.

Baca:  Hindari Motor Belok Mendadak, Truk Hantam Pasutri Hingga Tewas

Letda Inf Dedy menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat, dan suatu bentuk kepedulian Prajurit TNI kepada rakyat dengan melihat kondisi nyata saat ini wabah virus COVID 19 yang perkembangannya semakin hari semakin meningkat disetiap daerah.

“Sedikit bantuan yang kami berikan kepada Tim Kesehatan dan Tenaga Medis di RSUD Banjar ini kami harapkan dapat membantu dan mendukung rekan-rekan tenaga medis di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta menjadi berkah untuk kita semua seperti tema kegiatan kita ini yaitu jum`at berkah,”ujar Letda Inf Dedy.

Ia menjelaskan, seperti yang diketahui untuk sementara Data COVID 19 Kota Banjar sampai dengan saat ini, jumlah Orang Dalam Pengawasan(ODP) mencapai 28 orang dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan(PDP) = 8 orang, dan untuk Positif COVID 19 nihil.  Dalam menyikapi hal terserbut, Pemerintah Kota telah menentukan Kebijakan untuk seluruh warga Kota Banjar, diantaranya dengan meliburkan sekolah – sekolah selama 14 hari, pelaksanaan penyemprotan disinfektan disetiap infrastruktur baik itu bangunan, kendaraan maupun orang-orang yang sedang bekerja.

Baca:  Oknum Staf PN Jombang Potong Rambut pada Jam Dinas, Pelayanan Terganggu

“Pelarangan mengadakan kegiatan di pusat keramaian kota, menutup tempat-tempat yang bersifat keramaian, pelarangan mengadakan acara/event/hajatan/nikahan dan lain lain, pembagian shift dilingkungan ASN kota yakni dalam seminggu hanya masuk 3 hari untuk tiap pegawai(kecuali tim medis). Kemudian untuk warga yang baru masuk dari luar kota atau dari luar daerah wajib melakukan isolasi mandiri dan apabila memiliki gejala wajib memeriksa diri di Puskesmas dan terdata di RT/RW setempat. Dan SOP bagi warga Kota Banjar yang baru dating dari luar Daerah atau Pendatang luar daerah Kota Banjar, yakni : 1. Lapor ke RT/RW setempat via WA melalui saudara atau pemilik tempat tinggal, 2. Berdiam diri dirumah selama 14 hari dan tidak perlu ke Puskesmas

Baca:  Tekad Menolong Sesama, Babinsa Warbah Bantu Pembangunan Rumah Warga

Dengan catatan : Setiap warga wajib memiliki no. WA RT dan RW, Setiap RT dan RW wajib memiliki no WA bidan desa, Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bina Desa, SOP tersebut bisa berubah sesuai situasi dan kondisi yang berkembang di lapangan.  Dengan dilaksanakannya upaya-upaya yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Banjar, kami sebagai Prajurit TNI sangat mendukung program dan kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Banjar. Dengan hal ini kita memiliki harapan yang sangat besar kedepannya agar wabah endemic COVID 19 ini tidak menyebar bahkan masuk ke wilayah Kota Banjar yang kita cintai ini. Namun usaha-usaha tersebut tidak akan terlaksana jika tidak ada kesadaran dari masing-masing pribadi di kalangan masyarakat. Jadi, harapannya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Banjar untuk mendukung program dan kebijakan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Banjar,”jelasnya.@wn