Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 di SBB Ditunda, Latulumamina Beri Apresiasi

Reporter: Suneth

SK Bupati SBB soal Penundaan Tahapan Pilkades serentak tahun 2020( Foto: Suneth_kanalindonesia.com)

SERAM BAGIAN BARAT, KANALINDONESIA.COM : Pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Barat resmi menunda tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak berdasarkan SK Bupati Seram Bagian Barat Nomor 141/191/2020. Perihal penundaan tahapan Pilkades di kabupaten SBB, yang dikeluarkan di Piru pada tanggal 26 Maret 2020.

SK yang ditandatangani langsung oleh Bupati SBB Moh Yasin Payapo. Dan ditunjukan kepada Camat Se -kabupaten SBB, ketua BPD, Penjabat Kepala Desa dan ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa

Menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 141/2577/SJ tanggal, 24 Maret 2020 tentang saran Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak dan pemilihan Kepala Desa antar waktu, dan menantisipasi penyebaran virus covid- 19 di Kabupaten Seram Bagian Barat maka disampaikan kepada Saudara- saudara hal-hal Sebagai Berikut :

Baca:  Mogok Kerja Aliansi Serikat Pekerja Batu Hijau, Operasional PT. AMNT Tetap Berjalan Lancar

1. Menunda tahapan penyelenggaran pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Seram Bagian Barat sampai dengan waktu yang di tentukan.

2. Penundaan yang dilakukan sebagaimana poin 1 di atas TIDAK membatalkan Tahapan-tahapan yang telah dilakukan.

3. Proses pelaksaan tahapan samapi dengan pengumuman calon Kepala Desa,sedangkan tahapan yang ditunda adalah mulai dari masa Kampanye dan seterusnya.

Menyikapi SK Bupati SBB soal penundaan tahapan Pilkades serentak tahun 2020. Ketua Fraksi PAN DPRD SBB Hi Adbul Rauf Latulumamina beri apresiasi kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati SBB Moh Yasin Payapo yang sudah merespon cepat surat Mendagri Republik Indonesia untuk menunda tahapan pelaksanaan Pilkades serentak.

Baca:  25 SMP di SBB Siap Laksanakan UNBK

” Langkah yang bijak dan respon cepat yang dilakukan Bupati SBB patut di beri apreasiasi, Selain langkah bijak soal penundaan tahapan pelaksanaan Pilkades guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dikabupaten SBB.” Ucap Latulumamina.

Latulumamina pun berharap Pemda SBB dalam hal ini Bupati SBB Moh Yasin Payapo segerah mengambil langkah bijak pula sesuai dengan intruksi Presiden RI yang mana penggunaan anggaran APBD untuk pencegahan Covid-19. ” harap Latulumamina.( Sbr).