Empat Belas Nelayan Andon Asal Jawa Barat Menjalani Karantina di Wisma Atlet Pacitan

Reporter: Elsi

Empat belas nelayan jawa barat saat mendapatkan pengarahan dari petugas di wisma atlet pacitan(Foto: Elsi_kanalindonesia.com)

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Pacitan mengamankan 14 nelayan andon asal Jawa Barat dari pelabuhan perikanan pantai (PPP) Tamperan. Ke 14 nelayan andon langsung dibawa ke wisma atlet, Sabtu (28/3/2020) malam.

Menurut penjelasan Ketua Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo menjelaskan, pagi tadi kami mendapatkan laporan dari petugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari Dinas Pariwisata Pacitan.

” Bahwa ada delapan prahu nelayan andon asal Jawa Barat yang datang lewat jalur laut di ujung Pancerdoor. Lantas kami meluncur, dan sampai di lokasi kami langsung menyemprotkan cairan disinsfektan di badan kapal serta para nelayan,” jelasnya.

Baca:  Bupati Pacitan Bersama Dandim dan Kapolres Melepas Rombongan Penyaluran Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

Masih menurut Didik, setelah jelang sore hari tadi masyarakat merasa resah dengan kedatangan mereka. Lalu malam harinya kami jajaran Satuan tugas yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD mengevakuasi ke 14 nelayan ke Wisma Altet untuk menjalani Karantina dahulu serta pemeriksaan dengan alat Thermometer suhu tubuh,” ujarnya.

Untuk langkah selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan tugas yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan serta pihak terkait lainnya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hal itu sebagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19. Meski Pacitan belum ada yang positif terinfeksi Covid-19.

” Jika ke 14 nelayan itu dinyatakan sehat, kami akan langsung memulangkannya ke daerah asalnya Jawa Barat. Rencananya besuk pagi Minggu (29/3/2020) jajaran Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covit-19 Kabupaten Pacitan akan mengadakan rapat di Wisma Atlet bersama para pengusaha kapal ikan yang ada di Pacitan,” pungkasnya.(Bc)

Baca:  Gugah Disiplin Peneraban Prokes, Polres Gresik Gelar Ops Yustisi