Terbitkan SE, PWI Ponorogo Himbau Anggotannya Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Ponorogo mengeluarkan Surat Edaran(SE) yang berisi instruksi dan himbauan kepada anggotanya untuk bahu-membahu dengan pemerintah, TNI dan Polri dalam percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran covid-19.

Surat Edaran bernomor 04/SE/PWIPPers-Po/II/2020 tertanggal 29 Maret 2020 tersebut ditandatangani  Ketua PWI cabang  Ponorogo Hadi Sanyoto dan Sekretaris PWI Ponorogo Welas Arso.

Mendasari surat yang dikeluarkan Dewan Pers, menanggapi perkembangan terkini penanggulangan pandemi Covid-19. Bangsa Indonesia bersama bangsa-bangsa lainnya di berbagai penjuru dunia, saat ini  sedang berjuang dengan keras untuk menghentikan pandemi virus corona, sehingga dibutuhkan kesungguhan ,sumbangsih,dan kerjasama semua pihak untuk mengatasi bencana ini.

“Keluarnya Surat Edaran tersebut merupakan salah satu cara awak media dibawah organisasi PWI untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan pencegahan penyebaran covid-19.  Melalui media masing-masing para wartawan diharapkan membantu mensosialisasikan kepada warga masyarakat untuk patuh terhadap instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.  Secara pribadi para wartawan dibawah naungan PWI Ponorogo juga diharapkan berperan aktif di lingkungannya masing masing,”jelas Ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto.

Baca:  Kedapatan Simpan Bahan Petasan, Pria Ponorogo ini Diamankan Polisi

Ada 4 poin himbauan yang dikeluarkan oleh PWI Ponorogo untuk dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pencegahan penyebaran covid-19 ini.

Pertama, dalam peliputan wartawan agar berpedoman pada protokol dan SOP  penanggulangan Covid-19, menjaga keamanan, kesehatan dan keselamatan diri.

Kedua, ikut membangun solidaritas, membangun kebersamaan  dengan semua pihak dalam penanggulangan Covid-19.

Ketiga, ikut membantu  pemerintah daerah dan pihak terkait  dalam wujud/ bentuk apapun atas munculnya dampak sosial, ekonomi dari Covid-19.

Ke 4, dari segala ikhtiar tidak lupa terus memohon pertolongan Alloh SWT semoga bangsa Indonesia segera terbebas dari Covid -19.

Sementara itu, Sekretaris PWI Ponorogo yang akrab dipanggil Arso ini mengatakan,” dalam meliput wabah Corona lebih sulit dibanding meliput konflik atau pun bencana alam. Banyak hal tidak terukur dalam meliput wabah. Jadi kita hanya bisa membuat persiapan berdasarkan hal-hal terukur,”ucapnya.

Baca:  Menjelang UNBK, Siswa di Trengalek Berlomba Gelar Try Out

Ditambahkanya,” ketika yakin harus meliput, ingat, jangan panik. Selalu ada pintu kesalahan, tetapi kalau kita tidak panik, selalu ada pintu untuk membetulkan hal yang salah. Kuncinya ada di logika. Dan logika tidak berjalan bila kita panik,”pungkas pria pemilik media online kanalindonesia.com ini.

Selain itu, Arso juga berpesan kepada semua anggota PWI Ponorogo, agar bisa menyampaikan informasi yang akurat dan menyejukan.