Disdukcapil Mubar Mulai Luncurkan Kartu Indentitas Anak

MUNA BARAT, KANALINDONESIA.COM: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat mulai meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai dokumen pribadi anak.

Kepala Dinas Disdukcapil Mubar melalui Kasi Pendaftaran Penduduk La Dibo mengatakan, KIA di bagi menjadi dua jenis yakni, KIA untuk anak berusia 0 s/d 5 Tahun kurang 1 hari yang akan diterbitkan tanpa menggunakan foto, sedangkan bagi anak berusia 5 tahun s/d 17 tahun kurang satu hari diwajibkan menggunakan foto diri pribadi ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar. Selain untuk identitas anak kartu teresebut nantinya bisa digunakan ketika mendaftar sebagai siswa baru di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Pergi mendaftar sekolah, tidak mesti bawah- bawah berkas lagi, cukup bawah KIA ini, karena didalam kartu tersebut sudah ada No NIK, dan No KK,”kata La Dibo saat ditemui diruang kerjanya, Rabu(01/04/2020).

Baca:  Pelaku Utama Kasus Pengancaman Mahfud MD: Diimbau Menyerahkan Diri ke Polda Jatim

Apabila yang bersangkutan usianya sudah cukup 17 tahun, maka ia tinggal membawah KIA tersebut dikantor Disdukcapil Mubar untuk melakukan perekeman KTP elektronik sebagai pengganti dari KIA tadi,” terang La Dibo.

Ia juga mengimbau kepada anak – anak yang membutuhkan kartu tersebut bisa langsung mendatangi kantor Disdukcapil Mubar untuk dicetakan kartu identitas anak.

Saat ini Disdukcapil Mubar telah mencetak Kartu Indentitas Anak mulai dari wilayah Kecamatan Lawa, Wadaga, Barangka, Sawerigadi, Kusambi Napano Kusambi, setelah itu baru akan menyasar wilayah Tiworo Raya,”jelasnya.

“Nanti sudah selesai Lawa Raya dan Kusambi Raya baru akan mengarah ke Tiworo Raya,”terangnya

Berdasarkan data pencetakan terakhir per 11 maret 2020 Disdukcapil Mubar telah mencetak KIA sebanyak 1.201 keping. Tak sampai disitu pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan pencetakan.(Sanjaya)

Baca:  Kades Dilarang Ganti Perangkat Desa, Rusman Sebut Pemkab Mubar Keliru