Ini dia kecanggihan Olympus OM-D E-M1 Mark III

Olympus meluncurkan kamera terbaru yakni Olympus OM-D E-M1 Mark III. Foto: Istimewa

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Olympus secara resmi meluncuran kamera terbaru seri E-M1 Mark III. Meneruskan kesuksesan OM-D E-M1 Mark II dan E-M1X, kamera ini tampil dengan dorongan kemajuan teknologi dan membawa portabilitas serta kualitas gambar ke dimensi berikutnya.

Sandy Chandra, Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), mengatakan keunggulan terbesar sistem kamera Olympus adalah mobilitas yang luar biasa berkat sistem kamera yang ringkas dan ringan, termasuk lensa yang dapat lepas tukar.

“Kamera Olympus E-M1 Mark III ini dilengkapi dengan Phase Detection AF On-chip 121 titik yang sama untuk semua jenis seperti model profesional OM-D E-M1 Mark II dan E-M1X yang menawarkan autofokus berkecepatan tinggi dengan presisi tinggi di dalam bodi kamera yang ringkas dan ringan,” ujar Sandy Chandra dalam pernyataan pers di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Kamera Olympus OM-D E-M1 Mark III. Foto : Istimewa

Ia menjelaskan, dengan sistem stabilisasi gambar yang baru, kamera baru Olympus ini memiliki fitur stabilisasi gambar 5-sumbu yang kompak dan terdepan dalam industri fotografi saat ini. Sistem IS ini bekerja hingga 7,5 stop yang dikemas dalam bodi tahan debu dan tahan percikan air.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur pemotretan yang serba guna seperti PRO Capture, mode High Res dengan menggunakan Tripod hingga 80M dan memotret High Res hingga 50M dengan genggaman tangan (handheld). Olympus OM-D E-M1 Mark III adalah kamera berkemampuan besar dalam bodi yang ringkas.

“Dengan menggabungkan stabilisasi gambar 5-axis dan Olympus Voice Recorder, kamera OM-D E-M1 Mark III mampu merekam video 4K dengan perekaman PCM linier berkualitas tinggi,” jelasnya.

Stabilisasi Gambar 5-Axis

Ia juga memaparkan, stabilisasi gambar 5-axis paling andal dengan kompensasi shutter speed 7,5 step dengan mesin pengolah gambar terbaru TruePic IX yang mencapai kualitas gambar tinggi dalam bodi yang ringkas dan ringan.

“Kamera ini memiliki bodi yang ringkas dan ringan berkat Sistem Micro Four Thirds. Bodi OM-D E-M1 Mark III merupakan paduan magnesium alloy yang kuat dan memiliki desain tahan debu, tahan percikan, dan anti beku yang memungkinkan pemotretan di lokasi dan lingkungan apa pun,” ungkapnya.

Sistem kamera secara keseluruhan, katanya, termasuk lensa yang dapat dilepas tukar, mempertahankan mobilitas luar biasa dengan desain yang ringkas dan ringan sembari menawarkan kualitas gambar yang tinggi dan kinerja tinggi yang diharapkan dari model profesional.

Selain itu, dengan menyinkronkan lensa IS yang didukung dengan body kamera IS 5-sumbu, kamera ini mencapai kompensasi kecepatan rana 7,5 step. Stabilisasi gambar yang mumpuni memungkinkan pemotretan pada kondisi gelap dan selama melakukan teknik fotografi super-telefoto untuk membebaskan gaya memotret di berbagai adegan tanpa menggunakan tripod. Memastikan stabilisasi gambar dengan semua lensa yang terpasang, hingga 7,0 step kecepatan rana dari kinerja kompensasi.

Baca:  Festival Gandrung Sewu 2018

Kamera ini memakai mesin pengolah gambar terbaru TruePic IX yang menawarkan 20,37 Megapixel Live MOS sensor. Dikombinasikan dengan kompensasi shutter speed 7,5 step yang terbaik di dunia dan lensa M.Zuiko Digital beresolusi tinggi yang menyajikan noise terendah bahkan pada pengaturan sensitivitas tinggi. Kamera menghasilkan kualitas gambar tinggi di segmen mirrorless camera dengan distorsi minimal sampai dengan area pinggir gambar yang tetap tajam.

“Para fotografer bisa membuat foto High Res Shot 50 MP tanpa menggunakan tripod atau handheld. Fitur ini memanfaatkan gerakan minimal yang terjadi di antara masing-masing 16 foto untuk menghasilkan foto 50 megapiksel resolusi tinggi tunggal.Fitur ini sangat berguna untuk menangkap bidikan beresolusi tinggi di lokasi yang tidak mungkin menggunakan tripod.Selain itu, mode Tripod High Res Shot juga tersedia untuk merekam resolusi ultra-tinggi sekitar 80 Megapixel gambar di JPEG,” katanya.

Tampak belakang Olympus OM-D E-M1 Mark III. Foto : Istimewa

Ia juga menjelaskan, kamera ini juga memiliki Live ND, yang sebelumnya populer di seri OM-D E-M1X. Pengguna dapat memilih level efek dari ND2 (satu step) ke ND32 (5 step), dan memeriksa efek rana lambat di jendela bidik sebelum menangkap gambar. Fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk mengubah filter ND optik untuk adegan dan lensa yang berbeda dan efektif untuk lensa yang sulit untuk memasang filter optik.

Menurutnya, bodi OM-D E-M1 Mark III merupakan paduan magnesium alloy yang memiliki desain tahan debu, tahan percikan air, dan anti beku.Model ini juga dilengkapi dengan SSWF (Super Sonic Wave Filter), yang menggetarkan filter sensor gambar pada kecepatan sangat tinggi 30.000 kali per detik untuk menghilangkan debu dan kotoran dengan kuat.Lapisan baru dari OM-D E-M1X juga digunakan pada model ini, membuatnya semakin sulit bagi debu dan kotoran untuk menempel pada sensor gambar, mengurangi bintik-bintik pada gambar hingga 1/10 dari yang ada pada model konvensional.

Dengan ketangguhan tersebut, memungkinkan pemotretan di lokasi dan kondisi lingkungan apa pun. Mobilitas luar biasa dengan desain yang ringkas dan ringan, kamera ini menawarkan kualitas gambar yang tinggi dan kinerja tinggi.

Baca:  Tak Bisa Tunjukan SIKM, 6.364 Kendaraan Dipaksa Putar-balik

“Kamera ini memiliki baterai Lithium-ion BLH-1 yang dapat terisi penuh hanya dalam dua jam saat dimasukkan ke dalam kamera dan dihubungkan ke sumber daya melalui USB. Model ini juga kompatibel dengan standar USB PD untuk kompatibilitas powerbank. Sehingga fotografer dapat memotret untuk jangka waktu yang lama, terutama nyaman untuk astrophotography atau memotret di tempat yang dingin,” paparnya.

Sandy juga memaparkan kecanggihan kamera Olympus terbaru ini yakni sudah dilengkapi dengan sensor Phase Detection Auto Focus (PDAF) On-chip 121 titik untuk fokus pada berbagai area layar dengan menawarkan 75% cakupan vertikal dan 80% cakupan horizontal layar untuk area pemfokusan yang luas.

Dipasangkan dengan algoritma AF canggih, fitur ini dapat terus fokus pada subjek yang bergerak cepat dengan tingkat presisi yang tinggi.

Tidak seperti kamera DSLR, pada kamera ini tidak ada penurunan dalam presisi AF saat menggunakan lensa cepat. Olympus OM-D E-M1 Mark III juga menawarkan pemfokusan presisi tinggi yang cukup mampu mengeluarkan kemampuan, bahkan dari lensa berdiameter besar seperti lensa dengan aperture maksimum f / 1.2. Pelacakan AF / AE dimungkinkan pada pemotretan berurutan kecepatan tinggi maksimum 18 fps dengan tetap mempertahankan jumlah piksel penuh 20,37 Megapiksel. Subjek juga dapat dilihat melalui jendela bidik selama pemotretan berurutan kecepatan tinggi untuk pelacakan yang akurat.

“Kamera ini memiliki fitur Multi-selektor yang memungkinkan fotografer untuk menggeser area AF memakai ibu jari dengan cepat saat melihat melalui jendela bidik sehingga memungkinkan untuk fokus secara akurat bahkan pada subjek yang bergerak tidak menentu. Pengaturan loop target AF juga ditambahkan, yang dapat dipilih oleh pengguna untuk menghentikan target AF di tepi layar atau memindahkannya ke tepi yang berlawanan,” ucapnya.

Starry Sky AF

Hal baru di OM-D E-M1 Mark III, kata Sandy, adalah terdapatnya Starry Sky AF. Ini adalah fitur yang akan merevolusi dunia astrofotografi.

Di masa lalu, fotografer mengandalkan fokus manual. Algoritma baru dikembangkan untuk memungkinkan fokus yang akurat bahkan pada bintang terkecil yang bersinar di langit malam, memungkinkan fokus otomatis dengan ketepatan sangat tinggi yang mengagumkan bahkan di antara para astrofotografer profesional.

Ada dua mode di Starry Sky AF.Mode Prioritas Kecepatan (pengaturan default), yang memprioritaskan kecepatan pemfokusan dan menyelesaikan operasi AF dalam waktu singkat.Berkat stabilisasi gambar yang kuat, fitur ini memungkinkan pemotretan astrofotografi tanpa tripod menggunakan lensa sudut lebar. Accuracy Priority menggunakan pemindaian fokus yang disetel dengan baik dan efektif untuk memotret bintang tertentu dengan lensa tele foto jarak jauh.

Baca:  Polres Madiun Tangkap Komplotan Penggelapan Kamera

Fitur andalan lainnya adalah FacePriority / EyePriority AF.Fitur yang saat ini lebih maju secara otomatis dapat mendeteksi dan berfokus pada wajah dan mata orang. Mesin pengolah TruePic IX memiliki kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi dan algoritma AF yang ditingkatkan. Prosesor gambar yang baru ini memiliki peningkatan dramatis dalam kinerja deteksi untuk wajah dan mata kecil.Juga menjaga pemfokusan yang stabil pada subjek bahkan dalam adegan di mana deteksi wajah sulit di masa lalu, seperti sisi wajah.Sekarang pengguna dapat menggunakan tombol atau layar sentuh untuk memilih wajah saat mengambil gambar diam atau video, dan deteksi aktif atau nonaktif dapat diubah dengan sentuhan satu tombol.

Pro Capture Mode

Kamera ini memiliki Mode Pro Capture untuk menangkap momen sepersekian detik.Mode Pro Capture memungkinkan untuk merekam adegan yang sulit ditangkap karena kecepatan reaksi subjek atau jeda waktu pengoperasian kamera.

Selanjutnya, ada Mode B yang sekarang tersedia pada pemutar mode pemotretan untuk akses mudah ke Live Composite. Fitur ini hanya menambahkan gabungan bagian-bagian di mana kecerahan telah berubah selama pemotretan dengan eksposur lama.

“Bagi para filmmaker atau membuat konten vlog, kamera OM-D E-M1 Mark III memungkinkan pengambilan gambar 4K / C4K dengan stabilisasi gambar yang kuat. Kamera ini dilengkapi dengan mode IS yang dirancang khusus untuk perekaman video. Stabilisasi elektronik yang dikombinasikan dengan in-body 5-axis menghasilkan stabilisasi gambar yang mumpuni dalam perekaman video,” tuturnya.

Dan, kecanggihan terakhir adalah kamera ini cocok dalam pemotretan OM-Log400, yang memungkinkan pemotretan tanpa kehilangan detail dalam bayangan dan sorotan, bersama dengan gradasi warna untuk tingkat kebebasan tinggi atas gambar. Untuk membuat gambar Live View lebih terlihat, fungsi View Assist mengubah gamut warna menjadi standar Full HD BT.709 yang setara untuk tampilan.

Untuk bisa memiliki kamera Olympus OM-D E-M1 Mark III ini kami menawarkan pre order special di online Blibli dengan harga Rp 26.999.000 akan mendapatkan cashback Rp 1.000.000 dan free 2 pcs Battery BLH-1. Dan tambahan cashback Rp 1.000.000 bagi pengguna kartu kredit CITI, digibank by DBS , MNC credit card holders. Special Purchase with Purchase Zuiko PRO Lens yang berlaku untuk transaksi normal,” pungkas Sandy. @Rudi