Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Waikeka Bentuk Tim Satgas Relawan Covid-19

BURU SELATAN, KANALINDONESIA.COM: Dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 yang sudah menjadi wabah dunia. Dengan itu pemerintah desa Waikeka kecamatan Kepala Madan kabupaten Buru Selatan bergerak cepat melakukan pertemuan bersama staf desa guna membentuk tim satgas relawan desa lawan COVID-19.

Pembentukan tim satgas relawan desa lawan COVID-19 dipimpin langsung kepala desa Waikeka Abusam Makassar pada Rabu malam 1/4/2020 di balai desa Waikeka.

Dalam pertemuan bersama.Kepala Desa Waikeka Abusam Makassar menyampaikan, perlu adanya pemdes melakukan pembentukan tim satgas relawan desa lawan Covid-19.yang melibatkan semua staf desa, BPD, relawan maupun para pendamping yang ada di wilayah ini, untuk bersama melakukan pencegahan, penanganan Covid-19 di wilayah desa Waikeka” ungkap Abusam Makassar.

Baca:  Tidak Cukup 5 M, PDAM Minta Suntikan Anggaran Lebih di APBD-P

Kata Abusam, usai pembentukan akan menugaskan tim satgas relawan desa lawan COVID-19 melakukan pencegahan melalui langkah-langkah preventif dan edukasi dengan cara sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19.

Selain itu pula di lakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (Hand sanitaizer) di tempat umum seperti balai desa, pasar dan lainnya,” jelas Makassar.

Lanjutnya, relawan desa di rencanakan akan bergerak besok untuk melakukan penyemprotan disinfektan antisipasi COVID-19 di mulai dari semua rumah warga yang berada diwilayah desa waikeka, kita semua sama – sama punya rasa peduli untuk melawan COVID-19″ terang Makassar.

Abusam Makassar selaku ketua tim satgas relawan desa lawan COVID-19, yang biasa disapa Koka abu menjelaskan sebagai kepala desa berkewajiban peduli pada masyarakat dengan covid 19 ini. kebetulan yang kita jalankan ini sesuai perintah pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah dan diteruskan ke pemerintah desatermasuk di desa waikeka kecamatan Kepala Madan kabupaten Buru Selatan,

Baca:  Selain Copot Kapus Waesala, Jamadi : Tegaskan Bupati SBB Evaluasi Kadis Kesehatan

Dalam kesemapatan, Kepala Desa Waikeka Abusam Makassar menghimbau serta berharap penuh kepada masyarakat agar mematuhi himbauan dan aturan-aturan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi Maluku, maupun pemerintah daerah Buru Selatan untuk kebaikan kita semua baik untuk mencegah serta terhindar dari COVID-19, dan saya mengajak semua masyarakat desa Waikeka untuk mari bersama – sama kita berdoa kepada ALLAH SWT agar musibah ini cepat berlalu dan musnah atas izin ALLAH SWT” ajak Makassar.

Untuk di ketahui, pembentukan satgas relawan desa lawan COVID-29, Hal ini mengingat keputusan Presiden nomor 9 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 ,

Serta pedoman Mentri Dalam Negri Republik Indonesia nomor 20 tahun 2020, tentang pedoman pengolahan keuangan desa dan peraturan Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas pembangunan dana desa tahun 2020.( Sbr/Uar).

Baca:  Aniaya Wartawan Saat Eksekusi Lahan di Gondai 5 securuty Diperiksa