Ketua TP PKK Trenggalek Sambangi Home Industri APD

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Novita Hardini Arifin, Ketua Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga, (TP-PKK) Kabupaten Trenggalek menengok salah satu home industri Alat Pelindung Diri (APD) yang berdiri di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat,Jumat.

Kehadiran istri Bupati Moch Nur Arifin ini sedianya memastikan stok masker dan baju pelindung diri atau biasa dinamai Hazmat.

“Kita masih terus upayakan memutus mata rantai penyebaran covid-19,”ucanya sambil seksama perhatikan proses pemotongan kain bahan.

Menurutnya, dalam kondisi darurat seperti ini ketersediaan APD khususnya bagi tenaga medis dan dokter sangat penting diperhatikan mengingat banyak daerah yang mengalami kekosongan barang.

“Ada bantuan dari proinsi tapi jumlahnya terbatas,”tuturnya.

Baca:  Anak Bos Liek Motor Minta Dibebaskan dari UU Darurat

Bersyukur masih kata Novita, ada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Trenggalek yang secara khusus memproduksi kebutuhan tersebut sejak tiga tahun yang lalu.

“Setidaknya masker fan hazmat produk sini bisa menambah kebutuhan APD kita,”tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun Alat Pelindung Diri (APD) diproduksi oleh dua UMKM yakni di Kecamatan Tugu dan Karangan.

Dimana, jenisnya terdiri baju pelindung diri (hazmat) yang menyerupai pakaian seorang astronot dan masker.

“Produknya telah mencapai ribuan unit dan juga mulai mendapatkan pesanan dari berbagai daerah lain,”jelasnya.

Ditambahkan olehnya, kegiatan ini juga ditujukan untuk melihat sistem UMKM yang tergabung dalam Dekranasda ini bisa membantu para pelaku usaha.

Baca:  BPBD Sumenep Minta Nelayan Mengutamanakn Keselamatan

“Harapannya kebutuhan pokok maupun finansialnya bisa terbantu dengan adanya pekerjaan memproduksi APD seperti ini,”pungkasnya.

Penulis: Agus Purwanto