Disdukpil Pamekasan Lakukan Permen e-KTP Langsung Jadi Drumah Warga Lansia & ODGJ

Pelaksanaan Program Kegiatan Perekaman Emergency (PERMEN) el-KTP Lansung Jadi di Oleh Dispendukpil Kabupaten Pamekasan di Daerah Kecamatan Batu Mar-mar, Selasa (07/04/2020)

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM
Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melakukan cara jemput bola untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan di wilayahnya. Program kegiatan Perekaman Emergency (PERMEN) KTP-el ini dilakukan, dikhususkan kepada para Masyarakat lanjut usia (lansia), difabel, dan Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Inovasi Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukpil) Kabupaten Pamekasan yang gencar dilaksannya itu, bertujuan untuk memberikan pelayanan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP bagi Masyarakat yang tidak bisa hadir atau mendatangi kantor Dispendukcapil Pamekasan untuk melakukan perekaman KTP-el.

Kegiatan perekaman KTP-el yang juga melibatkan petugas kecamatan dan pemerintah desa setempat itu, dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke rumah-rumah Masyarakat yang lanjut usia (lansia), difabel, dan Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Baca:  Polisi Selidiki Program Pengadaan Blimbingisasi di Kecamatan Mojowarno

“Pelayanan jemput bola ini sudah kita mulai sejak beberapa bulan lalu meski belum terprogram, namun untuk tahun berikutnya akan kami jadikan progran prioritas Dispendukcapil Pamekasan” Abul Hayat, Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Pamekasan, Selasa (07/04/2020).

Abul Hayat, Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Pamekasan juga menjelaskan, kegiatan Permen el-KTP itu dilakukan, juga dalam rangka merespon adanya kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang akan melakukan Pemblokiran sementara data Kependudukan bagi penduduk berusia 23 thn ke atas yang belum merekam bio data KTP-Elektronik per tanggal 31 Desember 2018.

“Dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan untuk para Masyarakat lanjut usia (lansia), difabel, dan Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ) itu, untuk saat ini kami baru bisa melaksanakan PERMEN el-KTP di 9 Kecamatan, meliputi  Kecamatan Larangan, Proppo, Tlanakan. PADEMAWU, Palengaan, Pakong, Kadur, Pasean, dan Kecamatan Batumarmar,” Pungkasnya. *(Ifa/Nang)

Baca:  TPA Pagergunung Keluarkan Asap dan Bau