Puluhan Guru Wadul Dewan, Terkait Nasib Pangkat Mereka

Puluhan guru di Kediri saat audensi dengan DPRD Kota Kediri

KANALINDONESIA.COM, KEDIRI : Puluhan Guru berijazah S1 yang masih golongan II pertanyakan nasib mereka ke DPRD Kota Kediri, terkait kenaikan pangkat yang tak kunjung mereka dapati, Selasa(10/01/2017).

Para guru mempertanyakan dihadapan komisi A dan C DPRD Kota Kediri, dalam keteranganya mereka mengadu pada anggota dewan, bahwa selama ini pangkat mereka masih II A, bahkan ada yang II C,”padahal sesuai peraturan pemerintah sudah jelas jika pangkat atau jabatan harusnya sesuai dengan ijazah terakhir yaitu S1,”kata salah satu guru SDN 3 Bangsal Kota Kediri.

Sementara itu, saat anggota dewan mempertanyakan hal tersebut ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD ) Kota Kediri beralasan, jika permasalahanya adalah pihak Diknas Kota Kediri belum pernah mengusulkan kenaikan pangkat pada guru golongan II.”selama ini BKD belum pernah menerima usulan kenaikan pangkat pada BKD,”ungkap salah satu perwakilan dari BKD saat menjawab pertanyaan dari anggota dewan.

Sementara itu, perwakilan Diknas Kota Kediri mengakui jika memang belum mengusulkan kenaikan pangkat, “namun untuk akhir 2016 kemarin pihak Diknas sudah mendata dan akan mengusulkan hal tersebut.”kata Mamik, perwakilan dari Diknas.

Terpisah, Siswanto Kepala Diknas Pendidikan Kota Kediri dalam keteranganya mengatakan, jika memang pihak Diknas belum mengusulkan namun sudah didata oleh diknas.

“Diknas yang jelas tak pernah mempersulit apa yang menjadi hak para Guru,”kata Siswanto usai hearing dengan dewan.

Siswanto juga menambahkan, jika pihak Diknas akan mempertemukan pihak Guru yang mengajukan kenaikan pangkat dengan tim akreditasi dari pihak Diknas.

“Kita akan mempertemukan mereka dengan tim akreditasi siapa saja yang layak naik pangkat akan kita seleksi terlebih dahulu,”pungkas Siswanto.(G.Marmoyo)