Setiba di Bandara, 154 Pekerja Migran Dari Malaysia Jalani Rapid Test

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 154 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Selasa (7/4/2020) kemarin sekitar pukul 15.30 WIB sore.

Pantauan dari dilokasi, satuan gugus tugas cegah Covid-19 Polda Jatim diperbantukan untuk pengamanan saat para pekerja migran Indonesia menjalani pemeriksaan kesehatan/rapid test.

Rapid test sendiri dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Cegah Covid-19 di pintu keluar kedatangan bandara Internasional. Ada 200 alat pengaman diri (APD) disediakan untuk Tim Gugus Tugas Penanganan Cegah Covid-19 di sembilan meja digunakan periksa para pekerja migran Indonesia.

Dalam pelaksanaan protokoler juga terlihat dihadiri Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol M Firman dan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumarji.

Baca:  Pasar 17 Kumuh, Kholilurrahman Minta Pemkab Pamekasan Serius Tangani Persoalan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, maka 154 pekerja migran dari Malaysia diwajibkan menjalani pendataan dan pemeriksaan, mulai dari suhu badan rapid test hingga analisa gejala klinis tentang Covid-19.

“Apabila hasil pemeriksaan rapid test terhadap para pekerja migran baik dan tidak ditemukan gejala klinis covid 19, maka para pekerja migran tersebut akan dipulangkan menuju daerah tujuan dan akan dikarantina selama 14 hari di
wilayah masing-masing,” kata Trunoyudho, Rabu (8/4/2020).

Sementara puluhan personel gabungan yang diperbantukan pengamanan dan pemeriksaan/rapid test di bandara, jika dirinci diantaranya,
– 30 personel Ditsamapta Polda Jatim,
– 2 unit patwal Sat PJR Ditlantas Polda Jatim,
– 50 personel anggota Brimob Polda Jatim,
– 8 tenaga medis Biddokes Polda Jatim,
– 4 personel anggota Bidang Humas Polda Jatim,
– 4 personel Bidprovost Bidang Propam Polda Jatim,
– 30 personel anggota dari Polresta Sidoarjo. Ady

Baca:  Pencegahan Kerumunan Pergantian Tahun Baru, Polda Jatim Siapkan Pemberlakuan Jam Malam