Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Jadi 7 Orang

TULUNGAGUNG, KANALINDONESIA.COM: Tim satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tulungagung menyebutkan pasien positif covid-19 di Tulungagung bertambah 2 pasien. Sehingga kini total menjadi 7 pasien yang dinyatakan positif COVID-19.

Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono membenarkan adanya penambahan 2 pasien yang dinyatakan positif covid-19. Mereka berasal dari Kecamatan Bandung. Dan masuk dalam klaster pertama.

“Data update dari Provinsi hingga pukul 18.42 WIB, untuk Tulungagung bertambah dua pasien postif covid-19 dari Kecamatan Bandung,” ungkap Bambang ketika dikonfirmasi melalui saluran telepon, Kamis (9/4/2020) malam.

Bambang menuturkan, kedua pasien ini terkonfirmasi dari kluster pertama atau dari keluarga pasien pertama (AH) yang dinyatakan positif covid-19. AH dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pasca pulang ibadah umroh.

Baca:  Menuding JPU Dalam Duplik, Henry Gunawan Disebut Hanya Beralibi agar Lolos Dari Hukum

Ketika AH dinyatakan positif, satgas Covid-19 melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang kontak dengan AH, diantaranya dua pasien ini. Selanjutnya, petugas melakukan rapid test terhadap kedua pasien ini dan diketahui hasilnya positif.

“Seusai hasil rapid test dinyatakan positif, kemudian kita lakukan tes PCR dengan pengambilan swab tenggorokan. Dan hasilnya keluar harini, dinyatakan positif,” jelasnya.

Dengan hasil ini, kata Bambang, maka kedua pasien harus memperpanjang masa karantinanya hingga dilakukannya pengambilan swab yang kedua, sembari menunggu hasil kedua dinyatakan negative atau sembuh. “Saat ini kedua pasien masih menjalani karantina di Rusunawa,” katanya.

Bambang menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan RSUD dr Iskak untuk menjadwalkan pengambilan swab yang kedua kalinya terhadap kedua pasien ini.
Dikonfirmasi secara terpisah Kasi Informasi dan pemasaran RSUD dr Iskak Tulungagung, Moh Rifai menyebutkan jika kondisi pasien dipastikan stabil atau sehat. Karena kedua pasien saat ini masih menjalani masa karantina, dan tempatnya bukan di rumah sakit.

Baca:  Awal 2020, Polres Tulungagung Bekuk 10 Pelaku Kriminal

“Kondisi kedua pasien dalam keadaan sehat dalam masa karantina,” jelasnya.

Disinggung kapan dilakukan pengambilan swab yang kedua terhadap kedua pasien, kata Rifai, jika melihat hasil swab dari badan penelitian dan pengembangan kesehatan (banlitbangkes) Kemenkes keluar harini, maka pengambilan swab bisa dilakukan tiga atau empat hari kedepan.

“Nanti kita lakukan pengambilan swab kembali hingga tiga-empat hari kedepan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan data Satgas covid-19 Kabupaten Tulungagung hingga Kamis (9/4/2020). Tercatat 858 orang dalam pemantauan (ODP), kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 94 pasien dengan rincian 32 pasien dirawat, 47 pasien pulang, dan meninggal sebanyak 15 orang.

Sedangkan pasien yang dinyatakan positif covid-19 berjumlah 7 orang dan 1 pasien menjalani perawatan di RSUD dr Iskak. Dari 7 pasien itu, diantaranya Bandung 2 pasien, Campurdarat 1 pasien, Tulungagung 2 pasien, Kedungwaru 1 pasien, dan Ngantru 1 orang.

Baca:  Polres Bangkalan Bekuk Kurir Sabu -Sabu Seharga 200 Juta Lebih