Paslon Cagub dan Cawagub DKI Jakarta Akan Hadapi 3 Kali Debat

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat kandidat pasangan calon (paslon)  Gubernur DKI Jakarta sebanyak tiga kali, pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Febuari mendatang.

Ketiga pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan adu visi misi dalam debat calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan debat pada Jumat (13/01/2017) mendatang akan dimulai pukul 19.30 WIB. Debat paslon Cagub-Cawagub akan digelar selama 90 menit. Materi yang disampaikan akan berkutat pada pemaparan visi – misi paslon dan pertanyaan moderator terhadap visi-misi ketiga paslon.

“Sesi ketiga diisi pertanyaan panelis tentang isu aktual seputar tema debat, antara lain terkait isu sosial, ekonomi, infrastruktur dan pendidikan, ” ujar Sumarno.

Terkait penentuan tema debat, merupakan rumusan KPU DKI Jakarta dan dibantu para panelis debat. Namun demikian, untuk pertanyaan digodok KPU DKI Jakarta.

“Untuk pertanyaan itu dari kami (KPUD), kami meminta tim panelis yang ahli di bidangnya untuk kemudian KPU menyampaikan itu dan dikoordinasikan dengan moderator,” kata salah satu komisioner KPU DKI Jakarta,  Dahliah.

Lebih lanjut, untuk tugas moderator adalah meminta pendapat dari para paslon berdasar pada arahan yang sudah ditentukan sebelumnya oleh KPU DKI Jakarta dan tim panelis.

Terkait tata cara debat, moderator yang akan bertanya dan dijawab tiap pasangan calon (paslon). Atau paslon boleh bertanya satu sama lain.(KIcom)