Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Nasional · 14 Okt 2022 13:50 WIB

9 Negara Ikut Kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika 


					9 Negara Ikut Kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika  Perbesar

Salah satu peserta kompetisi di Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika.(Foto: Istimewa)

LOMBOK TENGAH, KANALINDINESIA.COM – Lebih dari 40 tim pelajar dan mahasiswa dari sembilan negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, India, Kazakstan, dan Nepal telah terdaftar untuk berkompetisi di Shell Eco-marathon Indonesia 2022.

Shell Eco-marathon digelar pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Vice President Corporate Relations Asia Pasific, Sean Winnett menyampaikan bahwa Shell Eco-marathon adalah program global yang menantang siswa berbakat untuk merancang dan membuat mobil, dengan mempertimbangkan faktor teknis dan perilaku untuk mencapai hasil efisiensi energi yang mengubah permainan.

“Kami berharap kompetisi Shell Eco-marathon akan memicu ide dan solusi yang dapat membantu membangun sistem energi rendah karbon di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.” ujarnya.

Bagi Shell kata Sean, Shell Eco-marathon adalah demonstrasi strategi Powering Progress untuk menjadi bisnis energi bersih-nol emisi pada tahun 2050.

Dari itu, Shell berkomitmen untuk menjadi mitra aktif dalam mencari solusi dalam perjalanan transisi energi menuju nol emisi bersih di seluruh Asia Pasifik termasuk Indonesia.

“Saya mendorong tim, siswa, dan pelatih yang berpartisipasi untuk mengambil kesempatan untuk memperluas dan memperdalam jaringan dengan tim lain dari seluruh wilayah selama seminggu.” pintanya.

“Kita hidup di dunia yang saling terhubung dan hanya melalui kolaborasi yang luas dan mendalam, kita dapat mengubah tantangan energi hari ini menjadi solusi energi masa depan.” tambahnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengapreasiasi penyelenggaran Shell Eco-marathon yang berperan penting dalam memajukan inovasi teknologi sebagai solusi kebutuhan kendaraan hemat energi, wadah konektivitas antara generasi muda, akademisi, industri dan pemerintah sekaligus memajukan pariwisata di Indonesia.

“Shell Eco-marathon menantang mahasiswa Indonesia untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rancang bangun teknologi otomotif sehingga mampu bersaing dengan tim terbaik lainnya di kawasan Asia dan menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Maju.” tuturnya.

Intinya sebut Menteri PUPR itu, jangan pernah berhenti belajar dan melakukan eksplorasi teknologi agar tetap up-to-date, karena teknologi sangat cepat berubah/obsolete.

Menurutnya, kolaborasi dengan perusahaan seperti Shell sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk mengeksplorasi solusi hemat energi di sektor otomotif untuk mengurangi polusi dan pengganti bahan bakar fosil.

Disisi lain Basuki merasa sangat bangga Indonesia bisa menjadi bagian perhelatan dari Shell Eco-marathonEco-marathon 2022.

“Saya ingin mengatakan bahwa saya sangat bangga, sangat bangga dengan itu,” cetusnya.

Selain itu, Ia juga mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk menikmati wisata di NTB, karna menurutnya Mandalika adalah salah satu tempat wisata yang terbaik di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah berterimakasih dan merasa bahagia Shell Eco-marathon 2022 digelar di Nusa Tenggara Barat.

“Atas nama masyarakat NTB, kami lebih dari bahagia menyambut partisipan. Sekali lagi atas nama masyarakat NTB, dan pemerintah NTB, terimakasih untuk shell.” ucapnya.

Orang nomor satu di NTB itu memandang bahwa Shell Eco-marathon bukanlah sebuah kompetisi, melainkan komunitas tempat belajar dan berbagi pengalaman.

“Saya rasa shell eco maraton bukan hanya kompetisi, shell eco marathon adalah komunitas belajar, tempat dimana pelajar belajar dan saling berbagi pengalaman satu sama lain.” sebutnya.

Sedangkan, Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian menyatakan, setelah istirahat selama dua tahun dari kompetisi on-track tidak menyurutkan semangat dan inovasi para siswa.

Ia memaparkan bahwa acara itu bertujuan untuk mendorong batas-batas teknologi dan memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk mengimplementasikan teori efisiensi energi mereka ke dalam pengalaman langsung di lintasan.

“Di saat yang sama, kegiatan ini juga menghidupkan misi Powering Progress Shell dengan menghadirkan solusi energi yang lebih beragam dan lebih bersih.” katanya.(dan_kanalindonesia.com)

 

Artikel ini telah dibaca 185 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

UIN Sunan Gunung Djati Kеmbаlі Tеrіmа Piagam Penghargaan Murі

8 Desember 2022 - 23:37 WIB

Nielsen Luncurkan Streaming Content Ratings untuk Pengukuran Lintas Media di Indonesia

8 Desember 2022 - 17:41 WIB

Menhan RI Bersama Wakasad Kunjungi Posko Bantuan Bencana Kopassus di Cianjur

7 Desember 2022 - 21:42 WIB

Kunjungan Menhan ke Posko bantuan bencana

Universitas Hamzanwadi Siapkan Karier Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

7 Desember 2022 - 17:54 WIB

Puluhan KK Korban Gusuran KEK Mandalika Tempati Hunian Baru

7 Desember 2022 - 09:52 WIB

Anggota DPR RI F-PDIP Rachmat Hidayat Bantu Penyandang Disabilitas di Lombok Timur

7 Desember 2022 - 09:39 WIB

Trending di Kanal NTB