Unras HMI di DPRD Bangkalan Berujung Bentrok Dengan Aparat

KANALINDONESIA.COM, BANGKALAN : Unjuk rasa (unras) puluhan himpunan mahasiwa islam (HMI) Kabupaten Bangkalan di gedung DPRD Bangkalan berujung bentrok dengan puluhan aparat Polres Bangkalan Jawa Timur.

Tanda- tanda akan terjadinya bentrokan itu sudah nampak saat puluhan HMI tersebut ingin menanyakan masalah keterlambatan pembayaran gaji belasan ribu PNS dan THL dilingkungan Pemkab Bangkalan. Termasuk ingin tahu bagaimana bentuk sinergi kerja antara anggota DPRD Bangkalan dengan Bupati Bangkalan dalam hal pembahasan RAPBD 2017.

Puluhan anggota HMI itu tertahan dipintu gerbang DPRD Bangkalan. Setelah terjadi negosiasi alot dengan aparat Polres Bangkalan, akhirnya HMI diizinkan masuk sampai didepan gedung wakil rakyat DPRD Bangkalan.

Tak berapa lama suasana kembali memanas karena HMI yang hendak bertemu dengan Ketua DPRD Bangkalan ternyata tidak ada dan hanya ditemui Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Haji Fatkurrahman (Ji Kur).

Ketua PDI-P Cabang Bangkalan ini menjelaskan masalah keterlambatan pembayaran gaji PNS dan THL dilingkungan Pemkab Bangkalan. Tetapi saat HMI mengajak Ji Kur dan anggota DPRD lainnya untuk berjalan kaki bareng ke Pemkab Bangkalan, Ji Kur menolak dengan alasan akan datang sendiri ke Pemkab Bangkalan.

Mahasiswa tidak terima dan hendak menerobos ke dalam gedung DPRD Bangkalan dengan maksud mengajak anggota DPRD Bangkalan bersama-sama ke Pemkab Bangkalan, tapi puluhan anggota Polres Bangkalan menghadang laju mahasiswa sehingga tak terelakan lagi terjadi saling dorong.

“Jadi wakil rakyat jangan mencla-mencle. Katanya mau bersama sama ke Pemkab, Bangkalan, Namun saat diajak jalan bareng ke Pemkab. Bangkalan menolak,” ketus Korlap Aksi HMI Cabang Bangkalan, Fauzan, Kamis, (12/1/2017).

Tidak hanya itu, entah apa yang melatar belakangi, saat salah satu anggota HMI ditangkap intel Polres Bangkalan. Puluhan anggota HMI lainya tidak terima hingga akhirnya terjadi kejar-kejaran antara mahasiswa yang hendak membebaskan temanya dengan aparat keamanan dihalaman DPRD Bangkalan dan anggota HMI yang tertangkap tadi diamankan di Polres Bangkalan.

“Kami sudah ingatkan anda supaya jangan masuk kedalam gedung DPRD tapi saudara memaksa. Jangan salahkan jika kami mengambil tindakan tegas,” ujar Kabag Ops Polres Bangkalan, Kompol Agung Setyono. (Yans)