Ketua DPR Sidak Pasar Kramat Djati, Harga Cabai Turun

istimewa
istimewa

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Ketua DPR RI Setya Novanto didampingi Pimpinan Komisi IV Herman Khaeron, Siti Hediati Soeharto, Ketua Komisi VIII Ali Taher, dan Ketua Baleg Firman Soebagyo dan anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Induk Krama Jati Jakarta Timur, untuk meninjau harga cabai dan bawang merah yang masih tinggi dan membebani masyarakat.

“Saya khusus datang pagi ini ke Pasar Induk Kramat Jati bersama dengan Pimpinan Komisi IV Herman Khaeron, Siti Hediati Soeharto, dan juga Ketua Komisi VIII Ali Taher serta Ketua Baleg Firman Soebagyo dan anggota Komisi VI Endang Srikarti, untuk melihat langsung harga jual komoditas cabai dan bawang merah. Setelah kita cek Alhamdulillah harga komoditas tersebut telah mengalami penurunan sampai dengan Rp 20 ribu. Saat ini harga cabai rawit merah senilai Rp 90 ribu perkilogram dan harga bawang merah seharga Rp 16 ribu perkilogram,” tegas Ketua Umum Golkar itu di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur, pada Kamis (12/01/2017).

Karena itu dia berharap, agar isu-isu yang berjalan selama ini tidak berkembang menjadi masalah yang besar. Dimana kenaikan harga yang terjadi akhir-akhir ini lebih disebabkan oleh faktor cuaca dan distribusi.

“Mudah-mudahan harga cabai ini tidak menjadi isu-isu besar, karena hal ini sifatnya hanya sementara. Apalagi kita tidak dapat menyalahkan cuaca. Untuk itu diharapkan ada badan pengelola pangan yang mengatur semua distribusi agar tidak hanya menguntungkan tengkulak, tapi juga menguntungkan para petani,” ujarnya.

Terkait badan pangan tersebut, Novanto meminta kepada Komisi IV DPR dan Badan Legislasi untuk menyoroti hal itu, dan pemerintah juga diharapkan dapat menindaklanjutinya, agar keberadaan badan pangan dapat direalisasikan dan mampu memberikan kontribusi nyata yang memiliki arti yang besar bagi masyarakat.(Gardo)