Humas Pemkab Mojokerto : Bupati MKP Statusnya hanya Saksi dalam Kasus Kredit Fiktif Bank Jatim Surabaya

Kabag Humas Pemkab Mojokerto

KANALINDONESIA.COM, MOJOKERTO : Kasus pembobolan Bank Jatim, dengan terdakwa Carolina Gunadi dan Yudi Setiawan yang sudah divonis oleh pengadilan tipikor Surabaya, yang diduga melibatkan Bupati Mojokerto Mustofa Kemal Pasha (MKP), belum juga ada kepastian hukum, pasalnya status penetapan tersangka oleh Bareskim Polri terhadap MKP hingga kini masih mengambang.

Bahkan sejumlah aktifis anti korupsi sempat mendatangi Bareskrim Polri , serta KPK untuk menindaklanjuti perkara ini.

Salah satu penggiat anti korupsi jawa timur yakni Joko Fatah Rokhim menyayangkan tindakan Bareskrim Polri yang selama dua tahun lebih penanganan kasus dugaan TPPU yang diduga melibatkan orang nomor satu di Pemkab Mojokerto itu ngendon di Bareskrim.

Hingga saat ini pula, tidak ada kejelasan terkait penyidikan kasus tersebut. Bahkan Bupati Mojokerto, yang sudah menyandang status tersangka, masih bebas menjalankan roda pemerintahan.

“Menurut kami sudah cukup waktu bagi Bareskrim untuk menyelesaikan kasus itu. Dan dalam kurun waktu 2 tahun itu bukanlah waktu yang sebentar lho, mengingat secara fakta hukum dipersidangan Tipikor Surabaya sudah jelas bahwa MKP terlibat melalui kepala Bank Mega Jombang yang merupakan ipar dari salah satu terpidana,” tegasnya.

Masih menurut Fatah,”seharusnya ada kejelasan dari pihak Polri, kalau kasus ini dilanjutkan ya, segera tangkap MKP, kalau memang tak ada cukup bukti maka ya terbitkan SP3, karena kasihan kalau di gantung kayak gini status MKP,” pungkasnya, Jumat (13/01/2017).

Namun hal ini berbeda dengan pendapat dari Humas Pemkab Mojokerto ketika dikonfirmasi via seluler, Alfiyah Ernawati  mengatakan bahwa pihaknya keberatan atas dugaan terhadap Bupati Mojokerto yang sudah ditetapkan oleh Bareskrim Polri sebagai tersangka, karena status Bupati MKP hanya sebagai saksi dalam kasus Yudi Setiawan dan Carolina Gunadi.

“Bupati MKP bukan tersangka dalam kasus ini, beliau hanya sebatas saksi, dan saya tahu betul perkara ini karena saya mengikuti persidangan ini dari awal, atas kasus Yudi Setiawan,” tegasnya, Jumat(13/01/2017).

Meski sudah banyak diberitakan di media cetak maupun elektronik terkait status tersangka terhadap bupati MKP, oleh Bareskrim Polri, namun belum juga ada keterangan resmi dari pihak MKP.(elo)