Pemkab Trenggalek Pilih 5 Pemenang Festival Gagasan Pokok

Bupati Moch Nur Arifin serahkan hadiah dan piagam kepada pemenang Festival Gagasan Pokok Tahun 2020 di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis,(27/2).

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Perhelatan Festival Gagasan Pokok yang kali kedua digelar Pemerintah Kabupaten Trenggalek yakni memasuki pemilihan 5 pemenang dari 10 nominator terbaik.

Sebelumnya penjurian yang dilakukan sejak seleksi awal di tanggal 20 Januari kemarin mampu menjaring 116 peserta.

Suripto Ketua Tim Gagasan Pokok usai kegiatan mengatakan kegiatan untuk tahun kedua atau 2020 ini telah dilaksanakan mulai dari pengumuman pendaftaran sejak tanggal 1 Januari pukul 00.00WIB dan mulai diseleksi tanggal 20 Januari.

“Kemarin(hari Rabu –red) kita telah mendapatkan 10 penggagas berikut gagasannya. Kemuadian hari ini kita kurasi lagi menjadi 5 pemenangnya,”ucapnya, Kamis,(27/2) di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek.

Dia menambahkan kali ini tema yang diangkat tentang ekonomi kerakyatan yang terintegrasi menjadi empat bidang diantaranya, lingkungan hidup, pertanian,ekonomi pedesaan dan kebudayaan.

Baca:  Dewan Kabupaten Trenggalek Soroti Operasional SPBU dan Sismiop

“Dari 10 nominator telah dilakukan penjurian melalui presentasi yang dilakukan peserta hingga tim menghasilkan 5 pemengnya,”imbuhnya.

Mantan Ketua KPU Trenggalek ini juga menjelaskan, kepesrtaan festival boleh diikuti dari berbagai kalangan , baik secara perorangan, kelompok, institusi dan komunitas yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Terbuka untuk masyarakat Trenggalek secara umum,”jelasnya.
Diakui Dia, festival tersebut merupakan inovasi terbaru dalam proses kebijakan dan arah pembangunan Kabupaten Trenggalek sendiri.

“Tentu menjalani era global dan mengikuti perkembangan pembangunan pusat dan provinsi, Trenggalek harus sudah siap seperti adanya keberlanjutan Jalan Lintas Selatan (JLS) dan pembangunan infrastruktur selingkar Wilis yang ada di sisi utara kabupaten penghasil Tempe Kripik ini,”tuturnya.

Baca:  Berkedok Investasi Sapi Perah, CV. TMJ Perdayai 1000 Mitra dengan Aset 585 Miliar

Secara prinsip, menurut Ripto sapaan akrab pria ini, partisipasi aktif dari masyarakat Trenggalek mampu mengisi ruang kosong dalam proses perencanaan pembangunan yang terus digenjot oleh pemkab.

“Kita tidak berpangku tangan agar pembangunan Trenggalek bisa lebih cepat dan tepat sasaran termasuk melalui Festival Gagasan semacam ini,”tandasnya.

Sementara itu Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada pemenang , namun sayang buru-buru meninggalkan acara dikarenakan ada tugas lain.

Mewakili Bupati, drg Unung Isnaeni Diah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda –Litbang) Kabupaten Trenggalek secara rinci menegaskan jika dari kelima pemenang tersebut akan dilakukan bedah materi sehingga akan mampu diterapkan kepada dinas teknis yang sesuai dengan gagasan dari pemenang.

Baca:  Dewan Trenggalek Minta CFN Jadi Ajang Kreasi

“Kita lakukan telaah dan bedah materi agar tepat guna dan tepat sasaran sesuai liding sektor masing-masing dimana OPD yang akan melaksanakannya,”tegasnya.

Unung berharap kali kedua festival ini bisa langsung diterapkan pada tahun anggaran di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2020.

“Kita sudah anggarkan untuk festival kedua ini, sehingga sangat berbeda dengan penerapan hasil festival tahun pertama pada tahun 2019 yang lalu,”pungkasnya.

Penulis : Eny Suprapati