Bupati Trenggalek Tegaskan Manfaat Festival Gagasan Upaya Sukseskan Program Meroket

Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin saat memberikan wejangan pada Festival gagasan tahun 2020, berlangsung di Pendopo Manggala Praja Nugraha

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek segera mengeksekusi lima pemenang dari Festival Gagasan yang digelar untuk kedua kalinya pada tahun 2020. Momentum tersebut sebagai wujud upaya mensukseskan program Trenggalek yang MEROKET yang artinya maju Ekonomi Rakyatnya , orang / Organisasinya Kreatif dan Ekonominya Terjaga.

Dimana kelima pemenang tersebut diantaranya Dista Nurdiana dan IIhamdaniah saleh denggan gagasan mendulang Emas Hijau di bambu Edu –park Trenggalek ,SDN 2 sengon dengan gagasan mesra Paguyupanku , Kornea Mahendra kusuma dengan gagasan peningkatan Kesejahtraan sosial Berbasis militansi warga dengan pembentukan Trenggalek Tempo Doloe, dan sahabat Trenggalek dengan gagasan Omah Telo, Ayo nandur Telo ,serta mantri kopi Trenggalek dengan gagasanya mengembalikan kejayan kopi Trenggalek ,Terintregasi dan Berkesinambungan.

Baca:  DPRD Trenggalek Apresiasi Aksi Pasukan Bersih

Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin menegaskan jika kelima pemenang itu akan ditindaklanjuti dengan pengkajian dan penelitian secara ilmiah serta komprehensip agar sejalan dengan rencana strategis yang telah tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada tahun anggaran berikut

“Kita akan eksekusi melalui tim yang ada di Bappeda agar nanti dilaksanakan sesuai bidangnya pada Satuan Kerja (Satker)di Organisasi Perangkat Daerah (OPD),’’ tegasnya, Jumat,(28/2).

Ditambahkan Arifin , Festival Gagasan menjadi penentu kemajuan Trenggalek ke depan seiiring kutipan dari pernyatan menteri perindustrian yang menyebutkan bahwa kenapa virus corona masuk ke Indonesia sulit?.

“Jawabannya karena semua perizinan di Indonesia memang sulit,”imbuhnya.

Maka itu dia mengaku akan mempermudah semua izin investasi yang ada di Trenggalek agar daerah ini cepat berkembang. “Pangkas birokrasi yang persulit usaha,”tuturnya.

Baca:  Penyelundupan Benur Senilai Tiga Miliar Rupiah Berhasil Digagalkan Kapolres Trenggalek

Suami novita Hardini ini menambahkan bahwa festival gagasan juga menjadi salah satu ikhtiar untuk mewujudkan

‘’ Memang MEROKET ini belom ketahapan hasil masih dalam tahapan ikhtiar kita untuk mewujutkan perekonomian masarakat yang maju , orang kreatif dan ekosistem. Yang terjaga;’’ tegasnya.

Ia mengaku senang dan mengapresiasi gagasan dari talent muda di Trenggalek untuk mau bersedekah gagasan ,bahkan gagasan-gagasan mereka mampu bersaing dengan yang lain
Bupatijuga berpesan agar gagasan terbaik benar benar dikawal menjadi sebuah program permerintah nantinya.

“Lihat juri atau panelisnya kompeten semua, ada yang dari unsur Kepala Desa (Kades), dia Kades Pujon Kidul Kabupaten Malang yang telah berhasil mengantarkan desanya menjadi unggulan,”pungkasnya.

Baca:  Hari Pramuka ke 57, Wakapolres Intruksikan Teruslah Berkarya dan Menjadi Perekat NKRI

Sementara itu , Taufik Susanto, satu dari lima pemenang mengatakan temuan yang dilombakan di Festival Gagasan berawal dari gagasan Deso (Desa-red). Intinya pemberdayaan wali murid dan guru untuk membangun sekolah eduwisata.

“Setiap hari kita kerja bakti, merawat bunga dan menjaga ekologi lingkungan,” paparnya.

Pria yang juga sebagai Kepala SDN2 Sengon Kecamatan Bendungan ini menyampaikan, Sekolah Dasar tersebut zero plastik. Tidak ada minuman plastik mineral di lingkungan sekolah.

“Kita wujudkan sekolah saya dan sekolah yang lain bisa menerapkan bebas sampah plastik,”pungkasnya.

Penulis : Eny Suprapti