Bupati Trenggalek Pertahankan Predikat BB SAKIP, Apresiasi Kinerja ASN

Bupati Trenggalek,H Moch Nur Arifin

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Predikat nilai BB dalam SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Award 2019, yang digelar di Hotel Inaya Putri Kawasan Pariwisata Nusa Dua Bali, berhasil dipertahankan oleh Kabupaten Trenggalek. Senin.

Rapor penerapan SAKIP, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) tersebut, diserahkan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, M. Yusuf Ateh, dan diterima oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Atas capaian tersebut, Bupati Nur Arifin mengapresiasi kinerja jajaran OPD, dan berharap dapat mewujudkan cita-cita meraih predikat nilai A.

“Salah satunya untuk bisa mencapai itu dengan, meningkatkan efektivitas perencanaan dan penganggaran. Kemudian menciptakan Organisasi Perangkat Daerah yang berorientasi kinerja, dan menurut saya ini lebih penting, sedangkan kita masih kurang 9-10 poin, untuk mau menuju ke nilai A tersebut” ungkap Bupati Nur Arifin.

Baca:  Layanan Paten di Trenggalek, Pastikan Pangkas Ruwetnya Birokrasi

Disampaikan oleh Bupati bahwa, kesulitan yang dihadapi saat ini adalah dalam menyesuaikan atau sinkronisasi, mulai dari arahan Presiden dengan RPJMD maupun Provinsi.

‚ÄúSekarang ini kita sedang mempersiapkan penerapan e-Kinerja, terus ke depan evaluasi kinerja baik laporan Perangkat Daerah dan juga OPD, kita akan buat sebaik mungkin, terus penerapan e-government harus lebih baik lagi,” terangnya.

“Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan anggaran, dan agar sasaran kinerja dapat tercapai dengan baik, Sehingga benar-benar berbasis outcome, dan bisa dirasakan oleh masyarakat, bukan sekedar membangun, tapi tidak bisa dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Dalam penyerahan rapor SAKIP tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek masuk dalam kelompok Pemerintah Daerah wilayah II, yang di dalamnya meliputi Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung. Ada sebanyak 161 Pemerintah Daerah, yang menerima Rapor SAKIP tahun 2019, pada acara tersebut.

Baca:  Kejari Sumenep Kebut Penyelidikan Dugaan Pungli Prona

Penulis : Eny Suprapti