Hidayat Nur Wahid : Debat Pilkada DKI Akan Menjadi Momen Krusial untuk Meningkatkan Elektabilitas Paslon

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Wakil Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid menilai, debat Pilkada DKI Jakarta, akan menjadi momen krusial untuk meningkatkan elektabilitas bagi pasangan calon. Hal itu karena debat merupakan momentum bagi publik untuk melihat kualitas pasangan calon.

“Bahkan, debat bisa mengubah pilihan masyarakat yang sebelumnya sudah memiliki pasangan calon idaman. Pertama mungkin masyarakat sudah punya pilihan calon. Tapi karena ini Jakarta, pemilih lebih rasional, dan lebih kritis. Kalau ternyata mereka melihat sesuatu yang lebih baik dari calon lain, bukan tak mungkin mereka berubah pikiran,” tegas Hidayat pada wartawan di Gedung MPR RI Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurut Hidayat jika dalam debat ada pasanga calon yang tak menguasai permasalahan, maka masyarakat pemilih akan berpikir ulang untuk mencoblos pasangan calon tersebut. Sebaliknya, jika nantinya masyarakat melihat selama ini ada calon gubernur yang programnya tak mampu menjawab persoalan di DKI, mereka juga akan berpikir ulang untuk mencoblosnya.

“Makanya, ini memang momen bagi semua calon. Jakarta barometer Pilkada bagi daerah lain dengan pemilih yang kritis. Dan mereka tentu menginginkan calon yang berkualitas,” pungkasnya.(gardo)