Bupati Trenggalek Khidmat Ikuti Prosesi Pemakaman Alm Bharatu Doni Priyanto Korban KKB

Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin (tengah-red) ikuti Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan, (kiri) dan pejabat Polri dalam prosesi pemakaman jenazah Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto, anggota Resimen III Pasukan Pelopor Korps Brimob Mabes Polri yang gugur dalam melaksanakan tugas di Nimika, Papua dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trenggalek.

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin mendampingi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs Luki Hermawan di prosesi pemakaman Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto yang gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjat di Papua.

Putra daerah Trenggalek ini merupakan anggota Resimen Tiga Pasukan Pelopor Korps Brimob Mabes Polri dan tergabung di Satgas Belukar Nemangkawi 2020 dan ditugaskan menjaga keamanan, perdamaian dan kedaulatan NKRI di Papua, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Karangsuko Trenggalek, Minggu.

“Bharatu Doni putra asli Trenggalek yang kini menjadi pahlawan bangsa,”ucap H Moch Nur Arifin, Minggu.

Dijelaskannya, almarhum Bharatu Doni gugur setelah terjadi kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Jipabera Arwanop, Distrik Tembagapura, Papua dan berhak menerima kenaikan pangkat luar biasa setingkat lebih tinggi menjadi Bharatu Anumerta.

Baca:  Bengkel di Trenggalek Terbakar, Satu Unit Truk Ikut Hangus

“Semasa hidupnya, almarhum dikenal pribadi yang pendiam, baik hati dan ulet dalam bekerja. Almarhum yang telah mengabdi sebagai anggota Polri sejak tahun 2017 ini meninggalkan dua orang tua dan seorang adik,” terangnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan yang bertindak selaku inspektur upacara dalam prosesi pemakaman Bharatu (Anumerta) Doni, menjelaskan, almarhum adalah putra terbaik Polri asal Trenggalek, tepatnya Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak yang telah gugur membela NKRI di Papua.

“Mewakili Kapolri dan jajaran Polda Jatim, kami mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas gugurnya Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto di usianya yang menginjak 24 tahun,” ungkapnya.

Semoga, lanjut Luki Hermawan, almarhum diterima di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan.

Baca:  Bus Sekolah dari Kemenhub Segera Beroperasi di Trenggalek

Luki Hermawan berharap nama almarhum bisa diabadikan sebagai Pahlawan di Kabupaten Trenggalek atau dalam bentuk nama jalan sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa serta darmabaktinya menegakkan NKRI.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim yang tadi siang telah menerima jenazah di bandara dan bupati dan masyarakat Trenggalek yang luar biasa ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir,” tambahnya.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu prosesi pemakaman almarhum Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto.

Mulai dari proses penjemputan, pemberangkatan jenazah hingga prosesi pemakaman di TMP.

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi ladang ibadah dan dicatat sebagai amal baik serta barokah bagi kita semua,” tuturnya.

Baca:  Megahnya Gapura Polres Lumajang dan Menjadi Tempat Swafoto, Ada Apa...?

Nampak di halaman TMP dipenuhi karangan bunga ucapan belasungkawa dari para pejabat polri maupun sipil. Mulai dari Kapolri, Kadivhumas, Kapolda Jatim, petinggi TNI hingga kapolres jajaran.

Penulis : Eny Suprapti