Dewan Lampung Timur Belajar Naikkan PAD Lewat DPRD Trenggalek

H Teguh Suyatman, sekretaris Komisi I DPRD Kab Lampung Timur Prop Lampung berikan cindera mata kepada ketua komisi I DPRD Kab Trenggalek, H Husni Taher Hamid, saat berkunjung untuk belajar penegakan Perda di Trenggalek , di Sekretariat DPRD Kab Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: DPRD Kabupaten Trenggalek melalui Komisi I Bidang Hukum dan Perundang undangan menerima tamu dari Komisi I DPRD Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Trenggalek, Jalan A Yani No 4, Senin, (9/3).

“Kedatangan rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Lampung Timur ini dalam rangka studi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Trenggalek yang berimplikasi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),”ucap H Husni Taher Hamid, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Trenggalek.

Dikatakan Husni, kondisi Lampung Timur dilirik dari PAD nya masih kalah jauh dengan Trenggalek.

“Kita sudah Rp 300 Juta sedangkan tamu kita PAD nya masih di angka Rp 135 Juta ,”katanya.

Baca:  Teka - Teki Menghilangnya Pasien OTG dari Isolasi Balai Diklat Bangkalan, Terungkap

Untuk itu masih menurut politisi asal Hanura ini, banyak potensi di Lampung Timuryang belum digerakkan oleh stakeholder setempat sehingga capaiannya masih kurang.

“Ada banyak potensi yang belum tergarap secara apik oleh pemerintahan di sana sehingga kemungkinan salah satu tujuan belajar mengenai Perda di Trenggalek itu untuk itu,”jelasnya.

Lebihlanjut Husni menyatakan, beberapa persoalan mendasar dalam penegakan Perda tak lain upaya sinergi dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kewajibannya adalah bersinergi dari masing –masing dinas,”lanjutnya.

Yang menarik dan akan segera terjadwal untuk melihat potensi pemanfaatan udara di wilayah Lampung Timur menjadi sumber pendapatan daerah dimana udara tersebut diambil serta dikelola sebuah perusahaan swasta menjadi oksigen.

Baca:  Puluhan Anggota Polres Trenggalek Siapkan UKP

“Oksigennya itu kemudian dijual untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit,”tegasnya.

Sementara rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Lampung Timur, yang dipimpin H Teguh Suyatman , Sekretaris Komisi I mengaku banyak kesamaan wilayahnya dengan Trenggalek.

“Maka itu kita datang ke Trenggalek karena banyak kesamaan secara geografis dan topografisnya termasuk mempunyai pantai,”ungkapnya.

Walaupun wilayahnya jauh lebih luas dengan Trenggalek, ada 5000 meter persegi dengan jumlah penduduk lebih dari satu juta, 204 pemerintahan desa.

“Kabupaten kita baru lahir dari proses pemekaran pada tahun 1999,”terangnya.

Harapannya di Trenggalek bisa memperoleh ilmu yang maksimal karena menurutnya kondisi daerahnya hampir sama sehingga bisa menyentuh secara batin.

“Kunjungan kita akan kita teruskan besok untuk melihat pengelolaan pariwisata di pantai-pantai yang dimiliki Trenggalek,”pungkas Teguh.

Baca:  Pura-Pura Bertamu di Ponorogo, Warga Magetan Embat Burung Murai 

Penulis : Eny Suprapti