Wakil Ketua Dewan Trenggalek Minta Hukum Berpihak pada Rakyat Kecil

Doding Rahmadi Wakil Ketua DPRD Kab Trenggalek yang meminta hukum berpihak pada rakyat kecil, Kamis,(19/3)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Doding Rahmadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek menegaskan agar seluruh aparatur hukum, baik Pengadilan Negeri,Kejakasaan dan Kepolisian untuk menegakkan keadilan bagi  semua lapisan masyarakat.

Hal ini disampaikan politisi asal PDI Perjuangan ini usai menghadiri Pengantar Alih Tugas, Ketua PN Trenggalek Agus Aryanto dan Panitera PN Trenggalek, Suprapto yang akan bertugas di tempat baru.

“Jangan sampai penegakan hukum tidak berpihak bagi orang-orang yang tidak mampu secara finansial atau masyarakat kecil,”ungkapnya di Trenggalek,Kamis,(19/3).

Peradilan masih keterangan Doding, harus mampu menempatkan sendi dasar hukum itu sendiri yakni Hak Azazi Manusia (HAM).

“Sebagai dasar hukum, HAM menjadi landasan penerapan hukum bagi masyarakat,”tegasnya.

Baca:  Monitoring Harga, Pemkab Trenggalek Gelar Sidak Pasar

Keadilan, masih lanjut Doding,  harus didapat masyarakat yang tidak mampu.

“Jadi keadilan bukan hanya pada orang-orang yang berduit, ini harus digarisbawahi,”pintanya.

Jadi Ia, ke depan meminta penegakan hukum yang berkeadilan menjadi haknya orang-orang yang tidak mampu.

Bilamana terjadi penyelewengan, seperti yang belum lama terjadi adanya manipulasi data bantuan hukum rakyat miskin yang dilakukan oknum aparatur hukum itu sendiri, seyogyanya harus ada tindakan hukum yang setimpal.

“Tidak hanya merugikan kantor firma hukum, tetapi tindakan oknum itu juga mencederai hak keadilan bagi warga miskin,”paparnya.

Menurut Sugeng Widodo, Ketua LSM Komite Rakyat daerah Kabupaten Trenggalek, Ketau PN  yang baru nanti  seharusnya punya harapan baru. Dia berpendapat saat ini penegakan hukum masih bersifat normatif dan retorika, maka dari itu tantangan kedepan untuk Ketua PN yang baru sangat berat.

Baca:  Nekat Jual Serbuk Petasan, Dua Pemuda Ponorogo Dicokok Polisi

“Yang perlu dipastikan adalah niat untuk melakukan perbaikan yang baik dan mempertahankan sesuatu yang sudah baik,”tegasnya.

Perbaikan yang mungkin perlu dilakukan untuk Ketua PN Trenggalek yang baru adalah perbaikan Sumberdaya Manusianya (SDM).

“Yang kemarin telah terjerat kasus hukum. Tentu nanti tugas Ketua PN yang baru lakukan pembenahan di stafnya,”pintanya.

Penulis : Eny Suprapti