Pemkab Trenggalek Gandeng Tim Gabungan Sidak Pasar Hadapi Covid-19 dan Ramadan 1441 H

Agus Setyono, Kadis Komindag bersama Tugas Rulatno, Kasi di Sat Pol PP serta unsur dari Polres Trenggalek lakukan sidak bahan pokok dan farmasi di beberapa pasar, toko , apotik area Kab Trenggalek,Jumat,(20/3)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama Tim gabungan dari Polres dan Kodim 0806 melakukan inspeksi mendadak (sidak)guna memantau ketersediaan bahan pangan, obat-obatan dan berbagai bahan pokok lainnya.
Selain antisipasi penimbunan memanfaatkan situasi adanya issu corona,giat ini untuk memastikan tidak ada kenaikan harga menjelang datanganya bulan puasa di Ramadan 1441 Hijriyah,Jumat (20/3).

Tim yang dipimpin Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek, Agus Setyono, mewakili Asisten II Bidang Perekonomian Setda, Agung Sujatmiko langsung menyasar beberapa lokasi diantaranya Toko Aloha, toko – toko bahan pokok, Pasar Basah Trenggalek, Toko Modern Karisma Agung Plaza, Elmona, hingga Apotek Kimia Farma.

Agus Setyono mengatakan, sidak yang dilakukannya ini juga merupakan pemantauan karena di beberapa daerah tetangga sudah muncul aksi penimbunan bahan pokok masyarakat.

Baca:  Ratusan Pelajar Trenggalek Ikuti Lomba Mewarnai Becak di Mapolres

“Kemarin sudah ada yang tertangkap di Madiun dengan barang bukti Gula putih, terangnya.

Sedangkan , kebutuhan Farmasi lainnya, Agus menambahkan sudah ada pemantauan secara khusus setelah awal muncul kasus endemi corona beberapa waktu yang lalu.

“Kapolres bersama kita sudah lakukan sidak di awal munculnya menyebarnya virus Covid-19,”imbuhnya.

Mengenai adanya issu kurangnya masker dan sanitizer, kembali Agus membantah jika hal itu tidak benar adanya.

“Tadi kita sudah cek, hasilnya stok masih banyak di apotik,”tegasnya.

Sementara itu, Tugas Rulatno,menjelaskan kasi Penyelidikan dan Penindakan Sat Pol PP Kabupaten Trenggalek mengatakan kegiatan ini juga upaya mencegah merebaknya Covid-19.

“Himbauan Sosial Distancing juga dilakukan kepada khalayak umum agar mengurangi aktivitas di luar rumah,”ungkapnya.

Baca:  Komisi II Dewan Trenggalek Ingatkan Masalah Relokasi Pedagang Alun-alun

Karena aktivitas mereka berkurang, merubah cara membeli bahan pokok pangan lebih dari biasanya,yakni dengan online.

“Secara onlie sekarang jauh lebih mudah,”terangnya.

Tugas menambahkan , dalam menyambut Ramadan 1441 Hijriyah menurutnya penting untuk melakukan pemantauan ketersediaan barang, serta memastikan tidak adanya kenaikan harga kebutuhan pokok di waktu – waktu seperti ini.

“Prinsipnya masyarakat nanti bisa tenang dan nyaman dalam beribadah apalagi sedang menghadapi wabah corona ini.

Penulis : Eny Suprapti