Komisi IV DPRD Trenggalek Minta Aparat Tindak Tegas Oknum Penimbun Bahan Pokok

Mugiyanto, Ketua Komisi Iv Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan DPRD Kab Trenggalek yang meminta aparat tindak tegas penimbunan bahan pokok serta farmasi, Jumat,(20/3)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Mugianto, Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan di DPRD Kabupaten Trenggalek mengimbau masyarakat waspada terhadap oknum, yang mengaku sebagai petugas kesehatan dan menawarkan penyemprotan anti virus corona dengan mendatangi ke rumah-rumah.

Pasalnya, ini adalah modus kejahatan perampokan yang dilakukan oknum dengan memanfaatkan isu virus corona yang tengah menjadi perhatian masyarakat saat ini.

“Kami imbau untuk waspada, karena kondisi ini sering dimanfaafkan oleh oknum dan pelaku kejahatan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat Kabupaten Trenggalek, Jumat,(20/3).

Mugiyanto juga mengatakan, modus semacam ini sengaja dipakai oleh oknum guna melancarkan aksi kejahatan ditengah kondisi kepanikan masyarakat.

Masyarakat harus waspadai seseorang atau orang yang tidak dikenal dengan menanyakan surat tugas atau identitas bila menemukan petugas yang menawarkan penyemprotan virus corona.

Baca:  Bupati Trenggalek : Maknai Maulid Nabi dengan Tingkatkan Aktualisasi Etos Kerja

“Tanyakan indentitas, setiap petugas kesehatan ada surat perintahnya. Apabila ada kejanggalan segera melaporkan ke aparat setempat,” katanya.

Dia menyebutkan, saat ini banyak oknum yang mengambil keuntungan dengan cara tidak halal melalui memanfaakan isu virus corona. Salah satunya, penimbunan dan rekondisi masker bekas yang dijual kembali.

“Termasuk masker yang rekondisi ataupun masker yang tidak lulus uji lab,”tandasnya.
Sementara terhadap bahan pokok, Mugiyantoi meminta agar aparat menindak tegas sesuai produk hukum yang berlaku, karena kejahatan itu bisa dikategorikan kejahatan kemanusiaan.

“Hukumannya kalau terbukti secara sah demi hukum wajib dihukum seberat beratnya,”lanjutnya.

Imam Bahrudin, Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia mengungkapkan kekuatirannya terhadap aksi penimbunan yang dilakukan oknum demi memanfaatkan situasi bangsa yang sedang berduka ini.

Baca:  Dewan Trenggalek: Nasionalisme Harus Tumbuh di Organisasi Apapun

“Secara kemanusiaan mereka itu bukan lagi sebagai manusia,”tegasnya.

Penulis : Eny Suprapti