Peringati HUT Tulungagung ke 811, Desa Pucunglor Gelar Pertandingan Seni Pencak Dor

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, TULUNGAGUNG : Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulungagung ke 811, Pemerintah Desa Pucunglor, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung, menggelar pertandingan seni pencak dor yang pertama kali di kota ini, Sabtu (14/01/2017) malam.

Tak tanggung-tanggung, pihak Pemdes juga menghadirkan jawara-jawara tingkat lokal hingga Nasional demi menyemarakkan peringatan HUT Tulungagung yang ke 811 tahun ini.

Kepala Desa Pucunglor, Imam Sopingi, yang juga ketua panitia penyelenggara seni pencak dor ini, menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk syukur atas hari jadinya Kabupaten Tulungagung.

“Ini merupakan bentuk perwujutan rasa syukur kami sebagai warga Tulungagung kepada Allah SWT, dan dalam kegiatan seni pencak dor kali ini, kami jadikan ajang silahturahmi bagi seluruh masyarakat Tulungagung, serta jawara-jawara yang mengikuti kegiatan ini,”ucap Imam Sopingi kepada kanalindonesia.com, Sabtu (14/01/2017).

Saat disinggung terkait siapa saja yang mengikuti pertandingan seni pencak dor, yang nanti akan dimulai pukul 20.00 WIB nanti, pria yang akrab disapa Mbah Lurah Pucung ini mengatakan,”para jawara yang mengikuti acara ini mulai dari wilayah, Blitar, Trenggalek, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, serta dari Mabes polri ada 4 petarung, juara muathai DKI, dan Banten, Michael Speed yang merupakan juara muathai dan tinju Nasional, Maxianahak yang juga merupakan juara muathai nasional dan juara tinju Asia tengara,” tegasnya.

Kegiatan seni pencak dor yang diadakan di Desa Pucunglor ini rencananya akan dihadiri oleh Bupati beserta Wabup, Ketua DPRD, Forpimda, Muspika, Ketua Cabang NU Tulungagung, serta seluruh ketua MWC NU se-Kabupaten Tulungagung.

Dengan digelarnya kegiatan pencak dor ini, Imam Sopingi menaruh harapan,”untuk yang jangka pendek kami berharap terbentuknya ajang silahturohim ulama’ umarok, serta dapat meyatukan jawara-jawara dari segenap perguruan pencak silat yang ada di Negeri Pertiwi. Untuk jangka panjangnya, Insyaallah apabila acara yang ada di Desa Pucunglor ini berjalan kondusif, maka bisa jadi dibentuk kepengurusan paguyupan tingkat Kabupaten, hal ini dikarenakan kegiatan pencak dor di Kabupaten Tulungagung ini merupakan yang perdana,”harapnya.(elo)