GRESIK, KANALINDONESIA.COM : Bupati Gresik tinjau pelaksanaan serbuan vaksinasi masal yang bertempat di SMA Negeri 1 Wringinanom, Senin (23/8/2021).

Bupati menyarankan, untuk serbuan vaksin di Kabupaten Gresik diupayakan menggunakan sekolahan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Bupati mengatakan, kenapa dirinya menunjuk sekolahan sebagai sentral serbuan vaksinasi masal.

“Kita sengaja menunjuk sekolahan sebagai tempat kegiatan vaksinasi masal, karena di sekolahan, sarana dan prasarananya sudah memadai, mulai dari ruangan, bangku, kipas angin, wi-fi, semua sudah tersedia,” kata Gus Yani.

Pihaknya menambahkan,” seperti pelaksanaan vaksinasi yang ada di SMA Negeri 1 Wringinanom ini,  patut dicontoh. Karena tidak ada kerumunan massa, mulai pendaftaran, pemeriksaan, suntik vaksin, observasi, semua ada di ruang kelas, ketika pesertanya tambah banyak, ruang kelasnya dibuka semua,”sambungnya.

Lebih lanjut dikatakanya,”Kita tidak perlu mendirikan tenda, fasilitas yang ada bisa kita manfaatkan, pelaksananya pun lebih rapi, terlebih bagi masyarakat yang membutuhkan privasi, kita bisa memilah memisah antara masyarakat laki-laki dan perempuan,”ucap Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani.

Yani berharap, kedepan drooping vaksin datangnya banyak, sehingga dalam sepekan kami bisa melaksanakan serbuan vaksin di sepuluh titik di masing-masing kecamatan.

“Mudah-mudahan drooping vaksin datangnya banyak, kalau satu titik sepuluh ribu dosis, jadi dalam sepekan kita bisa lakukan seratus ribu dosis, maka target vaksin di Kabupaten Gresik akan segera terselesaikan,” ujar Yani.

Sebagai penanggungjawab area, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Wringinanom, Drs.Sukadi menyampaikan, pihaknya siap membantu segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan umum.

“Pertama untuk mengenalkan pada masyarakat Wringinanom, bahwa ada sekolahan yang seperti ini, yang kedua, kami siap membantu semua bentuk kegiatan masal dengan bentuk sarana ini, bila di butuhkan, yang ke tiga, berkaitan dengan di tempati vaksin ini, all-out maksimal membantu Forkopimka Wringinanom agar berhasil dengan baik untuk mencapai kesehatan masyarakat di massa pandemi ini,” kata Sukadi saat di temui di ruang kerjanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik H. Abdul Qodir mengatakan,”ini sebagian dari percepatan vaksinasi, sebenarnya konsentrasi pemerintah hari ini perlu kita apresiasi dalam rangka mempercepat vaksinasi, maka perlu ada beberapa lokasi yang di buka,”ucapnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan pasien positif yang isolasi mandiri (Isoman), Abdul Qodir mengatakan, saat ini memang banyak kasus yang terjadi berkaitan dengan pasien Isoman, maka pemerintah mengajurkan untuk Isolasi Terpusat (Isoter) yang ada gelora Joko Samudro (G-jos).

“Kalau kita bicara Isoman, ini kan kita bicara data, jadi angka kematian masih di dominasi oleh pasien Isoman, jadi sesuai arahan pak Presiden, Isoman kita alihkan ke Isoter. Urusan dengan keluarga yang di tinggalkan nanti akan di kasih reward oleh Bupati Gresik berupa voucher belanja,”pungkasnya. (Irw)

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here