Gandeng Dompet Dhuafa, 2,5% Penjualan Sahaja Unilever Disedekahkan

Unilever Indonesia meluncurkan produk Sahaja yang dilakukan secara digital Zoom, Selasa (28/4/2020).

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Masih dalam nuansa bulan suci Ramadhan, Unilever Indonesia meluncurkan rangkaian produk perawatan rumah yang Islami dan berlabel halal diberi nama Sahaja.

Peluncuran produk Sahaja ini dilakukan secara digital Zoom, Selasa (28/4/2020).

Yuliana Safriani selaku Senior Brand Manager Dishwash, PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan produk Sahaja mengedepankan pentingnya niat untuk menjadikan rumah bersih higienis penuh makna.

Menurutnya, dengan Sahaja, masyarakat dapat mentransformasi kegiatan membersihkan rumah menjadi suatu bentuk ibadah yang sarat dengan nilai-nilai keIslaman dan kebaikan yang salah satunya melalui program shadaqah yang dilakukan bersama Dompet Dhuafa untuk meningkatkan status kesehatan kaum dhuafa di berbagai wilayah Indonesia.

“Setiap keluarga pastinya ingin mewujudkan rumah sebagai surga atau Baiti Jannati yakni tempat yang dapat menjadi ladang pahala dengan melakukan berbagai kebaikan guna mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Mewujudkan Baiti Jannati dapat diawali dengan menjaga kebersihan rumah. Selain karena kebersihan adalah hal yang dicintai Allah, rumah yang bersih tidak hanya membebaskan keluarga dari risiko penyakit sehingga mereka dapat hidup dengan nyaman, namun juga meningkatkan kualitas amal ibadah di rumah,” ujar Yuliana.

Baca:  Penelitian Transmisi Melalui Udara Virus SARS-CoV-2 Masih Terus Dikaji

Ia menjelaskan, di tengah kondisi seperti saat ini karena adanya virus Corona (Covid-19) sehingga seluruh anggota keluarga sangat dianjurkan untuk tinggal di rumah. Oleh karena itu, menciptakan Baiti Jannati melalui kebersihan rumah menjadi semakin bermakna karena faktanya rumah yang bersih adalah tempat beribadah dan berlindung yang paling aman dari berbagai ancaman penyakit.

“Dengan mengusung pesan #NawaituSahaja, kami mengajak masyarakat untuk mentransformasi niat membersihkan rumah menjadi suatu hal yang penuh makna sesuai dengan nilai-nilai dalam agama Islam,” kata Yuliana.

 

Yuliana Safriani selaku Senior Brand Manager Dishwash, PT Unilever Indonesia Tbk.

Ia mengungkapkan Sahaja memiliki prinsip 4 Pilar Kebaikan yaitu: Berbagi Sesama dengan setiap pembelian produk Sahaja, maka konsumen otomatis mensedekahkan 2,5% dari penjualan bersih produk untuk mereka yang membutuhkan dan berhak menerima (Mustahik), kemudian Ramah Lingkungan berupa bahan surfaktan untuk produk sabun pencuci piring dan bahan pewangi untuk cairan pembersih lantai didapatkan dari sumber yang berkelanjutan dan mudah terurai.

Selain itu, Sesuai untuk keluarga: Sahaja memberikan perlindungan higienis dan tidak mengandung bahan yang tidak diperlukan untuk fungsional produk. Dan, pilar kebaikan terakhir adalah Diproduksi Halal dengan menggunakan bahan‐bahan yang 100% halal, di tempat produksi yang telah memiliki sertifikasi halal pula.

Baca:  Kemenko Maritim Pimpin Percepatan Geopark Kaldera Toba Menjadi Unesco Global Geopark

“Produk Sahaja dari Unilever ini hadir dalam empat lini produk kebersihan yang mampu memberikan perlindungan higienis bagi rumah dan seluruh anggota keluarga dari berbagai ancaman penyakit, yaitu: sabun pencuci piring, cairan pembersih lantai, spray higienis untuk disemprotkan pada peralatan sholat dan sajadah, dan cairan pembersih higienis digunakan untuk merendam, sebelum mencuci peralatan sholat dan sajadah dengan deterjen,” jelas Yuliana.

Sementara itu, Ustadzah Aini Aryani, LC memberikan komentarnya, “Dalam Islam, niat adalah hal yang membedakan antara ibadah dengan kebiasaan. Artinya, dengan niat yang tulus untuk beribadah, segala sesuatu yang dilakukan sehari‐hari, bahkan yang paling sederhana sekalipun, dapat menjadi bentuk amalan yang membantu kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Niat membersihkan rumah dapat menjadi berkah yang berlipat ganda jika di saat yang sama kita mampu memberikan kebaikan pada diri sendiri, keluarga, lingkungan, terlebih lagi sesama yang membutuhkan”.

Baca:  Wall’s Kampanyekan Merah Putih Menyatukan Kita

Nantinya, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, sedekah yang terkumpul dari 2,5% penjualan Sahaja akan dikumpulkan dan disalurkan secara berkala untuk membantu kesuksesan Pos Sehat Sahaja. dr. Yeni Purnamasari, MKM selaku General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa menerangkan, Jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2019 terhitung sebanyak 25,14 juta orang, sementara kebanyakan dari mereka belum memiliki akses ke pelayanan kesehatan.

Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, kata dr. Yeni, dirinya menginisiasi program Pos Sehat sejak tahun 2004 sebagai upaya pemberdayaan kesehatan masyarakat miskin, terutama melalui upaya promotif dan preventif.

Hingga kini Pos Sehat telah mencapai 71 unit, namun jumlah tersebut tentu masih jauh dari kebutuhan. Bersama Sahaja, kami akan membangun sedikitnya 10 unit ‘Pos Sehat Sahaja di berbagai wilayah Indonesia hingga 2021 nanti. Insya Allah niat baik ini dapat terwujud berkat dukungan semua pihak, terutama para konsumen yang diajak untuk ikut bersedekah,” ungkapnya. @Rudi