TNI Bersama Polri Siap Hadapi Ormas Yang Gerakanya Bertentangan dengan Pancasila

Panglima TNI , Jend TNI Gartot Nurmatyo (foto : Gardo_KIcom)

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Panglima TNI Gatot Nurmantyo, menegaskan, pihaknya sudah sepakat dengan kepolisian untuk siap menghadapi nb organisasi masyarakat (Ormas) yang gerakannya bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Panglima TNi menegaskan, pihaknya akan terus mendukung pemerintahan yang sah yang dipilih melalui jalur konstitusi di sebuah negara demokrasi.

“Seluruh peserta Rapim bertekad mendukung pemerintahan sah yang dipilih secara konstitusi. TNI berkomitmen untuk mendukungnya program pemerintah dan sepakat menghadapi semua ormas yang bertentangan dengan pancasila,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Selasa (17/01/2017).

Diingatkan Panglima, Ormas yang gerakannya menentang Pancasila tentunya sudah keluar dari semangat dan cita-cita reformasi dan revolusi mental yang digaungkan pemerintah.

“Dalam reformasi pemerintahan Jokowi, kalau ada Ormas yang bertentangan Pancadila, tujuan akhir pasti mengubah Pancasila,” ujar Panglima.

Menurut Panglima, dalam gejolak yang terjadi belakangan, utamanya dalam perang opini di media sosial, sedikit banyak juga sudah mengubah mindset masyarakat Indonesia.

“Masyarakat indonesia pelan-pelan mindsetnya sudah berubah. Padahal budaya Indonesia berbudaya santun dan tertib. TNI dan Polri solid. ini diperlukan dalam menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Realisasinya untuk menghadapi Ormas yang bertentangan dengan Pancasila, Panglima pun sudah memerintahkan seluruh Pangdam di seluruh Indonesia.

“Pangdam bersama kepolisian bekerjasama dalam mendukung semuanya. TNI membantu polri. membantunya dengan cara TNI dari intelijen, pasukan, teritorial dan lain-lain,” ujarnya.

Terkait apakah yang dimaksud Panglima Ormas yang bertentangan dengan Pancasila adalah FPI, panglima TNI pun tidak menepisnya. Diakui, masih didalami seluruh keterlibatannya. “Organisasinya ada, tidak kita sebutkan. Masih didalami,” ucapnya.(Gardo)